Penyuluhan Sistem Penyimpanan Rekam Medik di Puskesmas Peseng Desa Wajageseng

  • Dwi Andayani Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Zulmin Amrina Rosyada Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Rekam Medis, Penyimpanan, Puskesmas

Abstract

Rekam Medis diartikan sebagai keterangan baik yang tertulis maupun yang terekam tentang identitas, anamnese, penentuan fisik laboratorium, diagnosis segala pelayanan dan tindakan medis yang diberikan kepada pasien, dan pengobatan baik yang di rawat inap, rawat jalan, maupun yang didapatkan di gawat darurat. Rekam Medis memiliki arti yang cukup luas, tidak terbatas hanya berkas yang digunakan untuk mencatat informasi pasien akan tetapi mempunyai pengertian sebagai suatu sistem penyelenggara rekam medis. Sebelum menentukan sistem penyimpanan yang akan dipakai, perlu terlebih dahulu mengetahui bentuk penyimpanan yang akan diselenggarakan didalam pengelolaan unit rekam medis,ada 2 (dua) cara yaitu sentralisasi dan desentralisasi. Sistem penyimpanan berkas rekam medis sangat penting untuk dilakukan dalam institusi pelayanan kesehatan, karena sistem penyimpanan dapat mempermudah berkas rekam medis yang akan disimpan dalam rak penyimpanan, mempercepat ditemukan kembali atau pengambilan berkas rekam medis yang disimpan di rakpenyimpanan, mudah pengembaliannya, dan melindungi berkas rekam medis dari bahaya pencurian, bahaya kerusakan fisik, kimiawi, dan biologi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-31
How to Cite
Andayani, D., & Rosyada, Z. A. (2021). Penyuluhan Sistem Penyimpanan Rekam Medik di Puskesmas Peseng Desa Wajageseng. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 88-91. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v1i2.638

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.