Pencatatan Identifikasidan Rekam Kesehatan Personal Masyarakat Lansia di Desa Kediri Kabupaten Lombok Barat

  • Mega Sara Yulianti Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Ni Komang Wijiyani Yanti Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Parihayani Ayuningtyas Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Pengetahuan, Rekam Kesehatan, Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Lansia

Abstract

Rekam kesehatan adalah tempat penyimpanan data dan informasi mengenai pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada pasien. Menua atau menjadi tua adalah suatu keadaan yang terjadi di dalam kehidupan manusia. Tujuan kegiatan ini adalah untuk merancang sistem informasi rekam medis bagi lansia yang dapat digunakan untuk menghasilkan informasi yang valid, lengkap, dan tepat waktu serta untuk mendukung peningkatan pelayanan bagi lansia. Metode yang dilaksanakan pada kegiatan ini berupa ceramah dan diskusi, dimana sasaran program ini adalah para petudan dan kader posyandu lansia dengan jumlah peserta 20 orang di UPTD Puskesmas Kediri Kabupaten Lombok Barat. Materi yang disampaikan mencakup pencatatan personal rekam kesehatan yang detail dan lengkap. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian inidapat dilihat dari antusiasnya para kader dalam mendengarkan materi yang disampaikan, dan diakhir penyampaian materi kader diberikan post test dan mereka bisa menjawab soal –soal yang diberikan dengan cepat dan benar. Hasil kegiatan diperoleh peningkatan pengetahuan dari rata-rata 37,53 menjadi 79,06 dengan point maksimal 100. Kegiatan berjalan dengan baik dan perlu adanya monitoring lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-28
How to Cite
Yulianti, M. S., Yanti, N. K. W., & Ayuningtyas, P. (2021). Pencatatan Identifikasidan Rekam Kesehatan Personal Masyarakat Lansia di Desa Kediri Kabupaten Lombok Barat. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 43-48. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v1i1.634

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.