Pelatihan Penanganan Cedera Olahraga Melalui Sport Massage dan Metode Rice

  • Muhammad Riyan Hidayatullah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Sylvana Yaka Saputra Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Cedera Olahraga, Sport Massage, Metode RICE

Abstract

Masase olahraga adalah suatu pijatan yang ditujukan kepada semua orang yang sehat, dalam hal ini tidak mempunyai pengertian bahwa sport massage hanya untuk olahragawan saja, tetapi boleh juga diberikan kepada siapa saja, baik orang tua maupun orang muda, pria ataupun wanita. Termasuk mereka yang menderita cedera-cedera ringan dapat disembuhkan dengan sport massage. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan bekal keilmuan dalam bidang penanganan cedera olahraga baik secara teoritis dan praktis sehingga dapat meningkatkan Pengetahuan dalam menangani cedera olahraga di lapangan. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Padepokan Pencak Silat Pagar Nusa NTB. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah penanganan cedera olahraga melalui sport massage dan metode rice. Jumlah peserta sebanyak 15 orang peserta, Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat dilaksanakan secara bertahap, yakni pelatihan secara terintegritas pada satu tempat yang diawali dengan penyelenggaraan pelatihan secara keilmuan sport massage dan metode RICE, dijadwal berikutnya mulai mempraktikan sport massage dan metode RICE. Evaluasi yakni penilaian berupa tes tulis. Hasil pengabdian kepada masyakat ini adalah mengahsilkan tenaga masseur yang berkualitas untuk kebutuhan recovery atlet di Nusa Tenggara Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmojo, W. T., & Ambardini, R. L. (2019). Efektivitas Kombinasi Terapi Dingin Dan Masase Dalam Penanganan Cedera Ankle Sprain Akut. Medikora, 16(1). https://doi.org/10.21831/medikora.v16i1.23485.

Fondy, T. (2019). Sport Massage (Panduan Praktis Merawat dan Mereposisi Cedera Tubuh. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Irawan, A. A. (2017). Pelatihan Penanganan Cedera Olahraga Melalui Sport Massage dan Metode Rice Bagi Atlet Pencak Silat Ipsi Kabupaten Karawang, Proceeding.

Kemenpora RI. (2010). Masase Olahraga (Pendukung Prestasi dan Terapi Cedera Olahraga). Jakarta: Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Asdep Tenaga Keolahragaan.

Maulana, G. F., & Graha, A. S. (2019). Pengaruh Masase Dengan Terapi Panas Terhadap Pemulihan Gangguan Nyeri Otot Trapezius Pada Pemain Rugby. Medikora, 18(1), 7–11. https://doi.org/10.21831/medikora.v18i1.29190.

Sa’roni, A. S., & Graha, A. S. (2019). Efektifitas Masase Terapi Cedera Olahraga Terhadap Nyeri Tumit Dan Nyeri Otot Tibialis Pada Atlet Futsal Sma Negeri 1 Ciamis. Medikora, 18(2), 56–63. https://doi.org/10.21831/medikora.v18i2.29197.

Published
2021-02-28
How to Cite
Hidayatullah, M. R., & Saputra, S. Y. (2021). Pelatihan Penanganan Cedera Olahraga Melalui Sport Massage dan Metode Rice. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-5. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/62

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.