Pencatatan Identifikasi dan Rekam Kesehatan Personal Masyarakat Lansia di Desa Kediri Kabupaten Lombok Barat

  • Fadma Aji Pramudita STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Yeni Nur Rahmayanti STIKes Mitra Husada Karanganyar
Keywords: Tahap Perkembangan Psikososial, Bayi Prasekolah, Kader Posyandu

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia bayi hingga prasekolah adalah fase kritis dalam membentuk pondasi yang kuat bagi kesejahteraan dan kesuksesan anak di masa depan. Tahap ini memengaruhi perkembangan fisik, kognitif, emosional, dan sosial anak secara signifikan. Kurangnya pemahaman akan tahap perkembangan ini dapat berdampak pada kualitas interaksi dan pemeliharaan anak. Posyandu merupakan pusat kegiatan kesehatan masyarakat yang dapat memberikan informasi serta pemahaman kepada orang tua tentang tahap perkembangan anak. Melalui peningkatan pengetahuan kader Posyandu, informasi ini dapat lebih merata dan tersampaikan dengan tepat kepada orang tua di masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian sosialisasi dalam peningkatan pengetahuan tentang tahap perkembangan psikososial usia bayi prasekolah pada kader posyandu. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi kesehatan ini efektif untuk meningkatkan pengetahuan kader posyandu. Dengan pemahaman kader yang lebih baik, diharapkan dapat membantu dalam mendukung perkembangan optimal anak-anak, mempromosikan kesehatan mental dan emosional mereka, serta mencegah atau mengatasi masalah perkembangan yang mungkin terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-12
How to Cite
Pramudita, F. A., & Rahmayanti, Y. N. (2024). Pencatatan Identifikasi dan Rekam Kesehatan Personal Masyarakat Lansia di Desa Kediri Kabupaten Lombok Barat. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 15-19. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v4i2.615

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.