Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan dan Penanganan Limbah Hasil Perikanan Kepada Ibu-Ibu Anggota Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Kaltara

  • Tuty Alawiyah Universitas Borneo Tarakan
  • Dori Rachmawani Universitas Borneo Tarakan
  • Heni Irawati Universitas Borneo Tarakan
  • Muhammad Roem Universitas Borneo Tarakan
  • M. Gandri Haryono Universitas Borneo Tarakan
  • Gazali Salim Universitas Borneo Tarakan
  • Asbar Laga Universitas Borneo Tarakan
  • Amrullah Taqwa Universitas Borneo Tarakan
  • Dhimas Wiharyanto Universitas Borneo Tarakan
  • Muhammad Firdaus Universitas Borneo Tarakan
  • Ratno Achyani Universitas Borneo Tarakan
  • Abdul Jabarsyah Universitas Borneo Tarakan
  • Syamsidar Gaffar Universitas Borneo Tarakan
Keywords: Pengolahan, Perikanan, Rumput Laut, Limbah

Abstract

Kota Tarakan memiliki potensi perikanan tangkap maupun budidaya yang tinggi. Potensi yang dimiliki tersebut menjadi salah satu peluang bagi masyarakat untuk memperoleh kesejahteraan. Hasil perikanan dapat menjadi produk bernilai ekonomi tinggi jika dilakukan pengolahan menjadi berbagai macam produk. Pengolahan hasil perikanan dapat dikembangkan oleh seluruh kalangan masyarakat untuk meningkatkan penghasilan. Pengolahan hasil perikanan dapat menjadi berbagai produk yang siap dikonsumsi. Salah satu produk yang dihasilkan seperti amplang, abon ikan, nuget ikan, sambal ikan, ikan asap, kerupuk ikan, bakso ikan, dodol rumput laut, krispy rumput laut, tortilla rumput laut, minyak ikan dan lain sebagainya. Hasil olahan produk perikanan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama bila dibandingkan dengan hasil perikanan tanpa pengolahan. Selain itu pengolahan tidak hanya dapat dilakukan pada ikan segar saja dan hasil perikanan lainnya, akan tetapi dapat juga dengan pemanfaatan sisa atau limbah ikan untuk produk tertentu seperti tulang ikan, cangkang, sisik, kepala udang dan lain sebagainya sehingga tidak ada sisa dari setiap pengolahan hasil perikanan. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilakukan pelatihan pengolahan hasil perikanan dan penanganan limbah hasil perikanan kepada ibu-ibu Majelis Ekonomi Tarakan. Tahapan kegiatan antara lain pretes, penyampaian materi, pelatihan pembuatan produk, dan diskusi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Ibu-ibu Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Kaltara memiliki pengetahuan mengenai limbah perikanan dan pemanfaatannya serta pemahaman terkait pengolahan produk hasil perikanan. Hasil pretes dan postest di analisis menggunakan T-test yang menunjukkan hasil bahwa output pair 1 diperoleh nilai yang signifakan yaitu 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan sosialisasi terdapat perbedaan sebelum dan setelah sosialisasi. Hasil produk yang dipraktekkan pada kegiatan ini adalah pengolahan rumput laut menjadi berbagai macam produk sepertik stick rumput laut, crispy rumput laut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, R. (2020). Sosialisasi Manajemen Usaha Untuk Pengembangan Ekonomi Keluarga Pada Kelompok Pkk Kelurahan Joyosuran Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Murdiastuti, W. (2023). 13 Ribu Ton Volume Ekspor Perikanan Kaltara. Diakses dari https://www.rri.co.id/kalimantan-utara/bisnis/464470/13-ribu-ton-volume-ekspor-perikanan-kaltara.

Ndahawali, D. H. (2016). Mikroorganisme Penyebab Kerusakan Pada Ikan dan Hasil Perikanan Lainnya. Buletin Matric, 13(2), 17-21.

Setiawati. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tanggerang Selatan. Jurnal UM Surabaya, 4(2).

Tri, C., Reni, I., Alawiyah, T. (2022). Limbah Tulang Ikan Sebagai Bahan Baku Pengolahan Produk Pangan Inovatif. Penerbit Deepublish.

Widawati, E., Zeinora., Sasmoko, A. (2023). Manajemen Ekonomi Sebagai Solusi Penataan Kehidupan Keluarga Yang Lebih Baik. Universitas Indraprasta PGRI

Published
2024-07-12
How to Cite
Alawiyah, T., Rachmawani, D., Irawati, H., Roem, M., Haryono, M. G., Salim, G., Laga, A., Taqwa, A., Wiharyanto, D., Firdaus, M., Achyani, R., Jabarsyah, A., & Gaffar, S. (2024). Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan dan Penanganan Limbah Hasil Perikanan Kepada Ibu-Ibu Anggota Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Kaltara. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 10-14. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v4i2.613

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.