Pengetahuan Triase Bagi Relawan Desa Tanggap Bencana (Destana) di Desa Beruk Jatiyoso

  • Christiana Arin Proborini STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Nuriyah Yuliana STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Estiningtyas Estiningtyas STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Betty Kusdhiarningsih STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Nurul Gilang Abriani STIKes Mitra Husada Karanganyar
Keywords: Pengetahuan, Relawan, Triase

Abstract

Relawan merupakan tindakan kemanusiaan yang sangat nyata. Banyak kalangan yang tertarik untuk menjadi relawan, baik itu para anak muda yang belum menamatkan pendidikan atau para orang dewasa yang sudah sukses. Para relawan tidak hanya ditempatkan di daerah bencana atau daerah konflik, tapi juga ditempatkan di daerah yang tertinggal baik dari segi fasilitas maupun segi pendidikan. Tugas menjadi seorang relawan tidaklah mudah. Seorang relawan harus memiliki keterampilan dasar. Triase adalah suatu tindakan yang sangat penting untuk pemilihan korban atau penderita berdasarkan kebutuhannya. Triase merupakan suatu keahlian yang harus dimiliki oleh tenaga pra-rumah sakit ataupun tim lapangan seperti para relawan bencana. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan di desa Beruk Jatiyoso Karanganyar dengan memberikan pendidikan tentang Triase pada bencana tanah longsor pada relawan setempat. Hasil dari pendidikan kesehatan menunjukkan antusiasme yang tinggi dari responden, dibuktikan dengan banyaknya relawan yang bertanya tentang triase. Bisa disimpulkan banyak relawan mengalami kurang pengetahuan. Setelah dilakukan pendidikan tentang triase ini menunjukkan peningkatan pengetahuan relawan dari pengetahuan rendah 71.4% menjadi pengetahuan tinggi 100%. Relawan mengatakan memiliki pengetahuan baru yang baik dan benar, serta mampu melakukan secara mandiri apabila terjadi bencana dan alur korban bencana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BNPB. (2011). Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 17 Tahun 2011. Pedoman Relawan Penangulangan Bencana.

Loiselle, C.G., Profetto-McGrath, J., Polit, D.F, & Beck, C.T (2004). Canadian Essentials of Nursing Research.

Musliha. (2010). Keperawatan Gawat Darurat. Yogyakarta: Nuha Medika

Oman. (2008). Panduan Belajar Keperawatan Emergency. Jakarta: EGC

Putra, A. Y. M., Kartika, K., & Alfandi, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Relawan Bencana Dengan Keterampilan Melakukan Triase Metode Start Di Kota Bukittinggi. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 2(1), 52.

Ramsi, I. F. (2014). Basic Life Support Edisi 13. Jakarta: EGC.

Simandalahi, T., Morika, H. D., Sartiwi, W., & Dewi, R. I. S. (2019). Hubungan Response Time Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2).

Published
2024-01-31
How to Cite
Proborini, C. A., Yuliana, N., Estiningtyas, E., Kusdhiarningsih, B., & Abriani, N. G. (2024). Pengetahuan Triase Bagi Relawan Desa Tanggap Bencana (Destana) di Desa Beruk Jatiyoso. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 82-86. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/574

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.