Pelatihan Program Proklim Berbasis Kawasan Rumah Pangan Lestari RW 10 Kelurahan Lowokwaru Kota Malang

  • Mimien Henie Irawati Al Muhdhar Universitas Negeri Malang
  • Siti Imroatul Maslikah Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Iqbal Akbar Universitas Negeri Malang
  • Sueb Sueb Universitas Negeri Malang
  • I Wayan Sumberartha Universitas Negeri Malang
Keywords: Proklim, Zero Waste Zone, KRPL

Abstract

PROKLIM merupakan salah satu agenda prioritas dunia untuk menyelamatkan kehidupan di bumi dan mengembangkan keberlanjutan pembangunan nasional guna tercapainya target pengurangan gas rumah kaca dan meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim. Potensi RW 10 Kelurahan Lowokwaru pasca program zero waste zone untuk dikembangkan sebagai PROKLIM melatarbelakangi usulan program pengabdian kepada masyarakat ini. Pada Tahun 2014, RW 10 Kelurahan Lowokwaru telah dilakukan pengembangan sebagai percontohan zero waste zone. Keberhasilan tersebut ditandai dengan meningkatnya pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat terhadap program zero waste zone. Namun, karena kurang mendapat pemantauan dan pembiasaan kepada warga maka kondisi beberapa fasilitas sudah ada yang tampak tidak difungsikan secara maksimal oleh masyarakat. Untuk memecahkan masalah tersebut perlu dilakukan sebuah kegiatan yang mampu untuk memberi edukasi kepada warga sekaligus membiasakan warga. Target dari kegiatan ini adalah (1) peningkatan pemahaman dan sikap warga RW 10 Kelurahan Lowokwaru Kota Malang dalam mendukung penerapan program zero waste zone secara berkelanjutan, (2) peningkatan pemahaman warga RW 10 Kelurahan Lowokwaru tentang PROKLIM dan KRPL, (3) terwujudnya PROKLIM berbasis KRPL di RW 10 Kelurahan Lowokwaru Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-15
How to Cite
Al Muhdhar, M. H. I., Maslikah, S. I., Akbar, M. I., Sueb, S., & Sumberartha, I. W. (2024). Pelatihan Program Proklim Berbasis Kawasan Rumah Pangan Lestari RW 10 Kelurahan Lowokwaru Kota Malang. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-9. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/573

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.