Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Serta Gizi Seimbang Pada Ibu Hamil untuk Meningkatkan Imunitas Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Dwi Lestari Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Febrina Sulistiawati Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Dian Neni Naelasari Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: PHBS, Gizi Seimbang, Ibu hamil, COVID-19

Abstract

Meluasnya peryebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia semakin meningkat. Tingkat mobilitas penduduk yang tinggi antar daerah merupakan salah satu mata rantai penularan yang sulit diputus. Sehingga fokus utama upaya pencegahan yaitu dengan memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Beberapa cara efektif yang dapat dilakukan yakni social distancing, isolasi mandiri, serta penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rawan gizi dan memiliki sistem imunitas yang rendah. Kebutuhan gizi yang kurang terpenuhi dan rendahnya imunitas selama kehamilan dapat mempengaruhi kondisi gizi ibu dan tumbuh kembang janin, termasuk mudah mengidapp penyakit infeksi. Tujuan kegiatan pengabdian yaitu untuk memberikan pengalaman belajar, informasi, dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, serta perilaku sehingga masyarakat (ibu hamil) sadar, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat dan gizi seimbang. Sasaran kegiatan adalah ibu hamil yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Sigerongan. Kegiatan pengabdian berupa Komunikasi Informasi dan Edukasi KIE), meliputi kegiatan pre-test, penyampaian materi, demonstrasi dan kegiatan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan phbs dan gizi ibu hamil berdasarkan hasil pre-test dan post test. Tingkat pengetahuan ibu hamil dengan kategori baik saat pre-test sebanyak 4 orang, sedangkan pada saat post-test meningkat menjadi 15 orang. Kegiatan berjalan dengan lancer dan ibu hamil dapat memahami konsep tentang phbs dan gizi ibu hamil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, D. N. and Febrianti, M. (2012). Kebiasaan Makan Menjadi Salah Satu Penyebab Kekurangan Energi Kronis (Kek) Pada Ibu Hamil di Poli Kebidanan RSIA Lestari Cirendeu Tangerang Selatan. Jurnal Kesehatan Reproduksi.

Hendarto, A. and Pringgadini, K. (2013). Nilai Nutrisi Air Susu Ibu. Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Hendri, Hadiyanto. (2016). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Keluarga di Posdaya Al-Faddillah. Jurnal Surya: Seri Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1).

Kementerian Kesehatan RI (2008). Panduan Promosi Kesehatan dalam pencapaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Tatanan Rumah Tangga. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan, RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Kusfriyadi, M. K. (2010) Pengaruh pendidikan gizi ibu hamil dan pesan gizi melalui Short Message Service (SMS) terhadap Pengetahuan, Kepatuhan Minum Tablet Besi dan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil di kota Palangka Raya, Universitas Stuttgart.

Luthviatin, N., Zulkarnain, E., Istiaji, E., Rohkmah, D., et al. (2012). Dasar-dasar Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jember: Jember University Press

Siwi, S. S. (2010). Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Gizi dengan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil di Kecamatan Jebres Surakarta. Hemoglobin.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Pendidikan. Jakarta: EGC.

Supariasa, I. D. N., Bakri, B., Fajar, I. (2001). Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Yuliandani, F. A. et al. (2017). Strategi Dalampenanggulangan Pencegahan Anemia Padakehamilan. Jurnal Ilmiah Widya.

Yuliastuti, E. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Bilu Banjarmasin. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Published
2021-02-28
How to Cite
Lestari, D., Sulistiawati, F., & Naelasari, D. N. (2021). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Serta Gizi Seimbang Pada Ibu Hamil untuk Meningkatkan Imunitas Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20-28. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/55

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.