Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Asosiasi Pedagang Bersyari’ah Desa Pagutan Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah

  • Dedi Riswandi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Mashur Mashur Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Ahmad Sibawai Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Pemberdayaan, Usaha Kecil Menengah, Syariah

Abstract

Kegiatan ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan pemberdayaan dan pendampingan. Pendekatan pemberdayaan meliputi: Pemberdayaan UKM berdasarkan prinsip Syariah dalam setiap rangkaian transaksi usaha, Pemberdayaan kewirausahaan yang kreatif, inovatif dan profesional, Pemberdayaan media on-line sebagai alat promosi dalam memasarkan produk, Membentuk satu kerja sama yang baik antara pelaku UKM dan pihak lembaga keuangan. Sedangkan metode pendampingan meliputi: Pendampingan UKM dalam setiap pelaksanaan usaha, Pendampingan penguatan jaringan dalam kegiatan promosi dan pemasaran, Pendampingan dalam manajemen pengelolaan keuangan, Pendampingan kerjasama dengan lembaga keuangan maupun instansi pemerintah. Dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini, dapat meningkatkan kemandirian dan motivasi kewirausahaan bagi masyarakat, bertambahnya wawasan masyarakat tentang praktik usaha dengan prinsip Syariah, peningkatan iklim usaha yang baik bagi masyarakat, ketersediaan pinjaman modal usaha bagi masyarakat untuk pengembangan usaha, penerapan dan implementasi sistem syariah dalam setiap aktivitas ekonomi, serta mampu memberikan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat desa Pagutan Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, P. (2012). Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, J. (2012). Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press.

Aziz, A. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam. Bandung: Alfabeta.

Badroen, F. (2015). Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Dawwah, A. M. (2014). Meneladani Keunggulan Bisnis Rasulullah. Semarang: Pustaka.

Djakfar, M. (2015). Etika Bisnis Dalam Prespektif Islam. Malang: UIN-Malang Press.

Kotler, P. (2013). Manajemen pemasaran di Indonesia: Analisis, Perancangan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Marthon, S. S. (2017). Ekonomi Islam: Di Tengah Krisis Ekonomi Global. Jakarta, Penerbit: Zikrul Hakim.

Muslich. (2014). Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Ekosiana.

Nugroho, R. (2014). Memahami Latar Belakang Pemikiran Enterpreneurship Ciputra. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Saifullah, M. (2011). Etika Bisnis Islami Dalam Praktek Bisnis Rasulullah. Jurnal IAIN Walisongo Semarang, 19(1).

Zaroni, A. N. (2012). Bisnis Dalam Perspektif Islam Telaah Aspek Keagamaan Dalam Kehidupan Ekonomi. Jurnal Mazahib, 4(2).

Published
2024-01-16
How to Cite
Riswandi, D., Mashur, M., & Sibawai, A. (2024). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Asosiasi Pedagang Bersyari’ah Desa Pagutan Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 31-36. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/545

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.