Manajemen Kesehatan Reproduksi Pada Remaja di SMP Negeri 18 Mataram

  • Amnan Amnan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Dian Neni Naelasari Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Manajemen, Kesehatan Reproduksi, Remaja

Abstract

Salah satu ruang lingkup dalam pelayanan kesehatan reproduksi adalah kesehatan reproduksi remaja. Permasalahan seksualitas merupakan satu dari beberapa perilaku berisiko yang menjadi sorotan pada remaja. Mengingat umur ketertarikan terhadap lawan jenis biasanya dimulai dari masa SMP maka remaja perlu menambah wawasan serta informasi untuk meningkatkan pengetahuan remaja mengenai bagaimana manajemen kesehatan reproduksi. Managemen kesehatan reproduksi pada remaja dapat menjadi salah satu solusi agar para remaja dapat membentuk fondasi dan berhati-hati dalam menanggapi perilaku seksual berisiko dan permasalahan lainnya serta lebih menerapkan perilaku sehat dalam kesehariannya. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat yaitu metode penyuluhan dan pemberian leaflet. Kegiatan ini terdiri dari 3 tahapan (Tahap Persiapan, Pelaksanaan, dan Tahap Akhir).  Hasil dari pengabdian yaitu Penyampaian materi dilakukan di Aula SMPN 18 Mataram menggunakan metode ceramah. Peserta aktif dalam diskusi dan dengan antusias yang tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan selama pelaksanaan kegiatan serta pemateri juga memberikan pertanyaan untuk peserta. Semua peserta dapat menjawab pertanyaan yang diberikan. Dari  5 peserta  yang  diberikan  pertanyaan,  4  orang  (90%)  dapat  menjawab  dengan  benar. Hal ini dikarenakan pengabdi menggunakan 2 media dalam penyamaian materi (Media Powerpoint (PPT) dan leaflet Kesehatan Reproduksi Remaja). Remaja dengan pengetahuan yang baik cenderung akan menghasilkan sikap dan tindakan yang baik pula.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-25
How to Cite
Amnan, A., & Naelasari, D. N. (2024). Manajemen Kesehatan Reproduksi Pada Remaja di SMP Negeri 18 Mataram. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 41-44. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/526

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.