Penguatan Literasi Lingkungan untuk Membangun Sekolah Sehat dan Hijau di SMK Islam Qiyamu At-Tarbiyah Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah

  • Uzlifatul Azmiyati Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Wardatul Jannah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Edukasi, Green School, Literasi Lingkungan

Abstract

Literasi lingkungan merupakan tujuan pendidikan lingkungan dalam rangka membantu masyarakat untuk memahami dan menginterpretasikan kondisi lingkungan. Dengan berbekal kemampuan tersebut masyarakat dapat memutuskan tindakan apa yang tepat untuk memelihara, memulihkan dan memperbaiki kondisi lingkungan. Kemampuan literasi lingkungan inilah yang harus ditanamkan sejak dini kepada anak anak usia sekolah. Anak anak usia sekolah adalah generasi penerus dan agen perubahan di dalam masyarakat. Mereka bagian dari masyarakat yang akan ikut serta menjaga lingkungan yang berkelanjutan untuk masa depan. Kegiatan literasi lingkungan di SMK Islam Qiyamu At-Tarbiyah berjalan dengan lancar. Peserta kegiatan menyimak kegiatan literasi dengan seksama. Hasil evaluasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan peserta terhadap literasi lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniati, A., Dike, D., & Parida, L. (2021). Pengembangan Literasi Lingkungan Untuk Membangun Sekolah Sehat Dan Hijau Di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Abdidas, 2(2) 223 – 230.

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJSNE), 1(2), 57-64.

NAAEE. (2011). Environmental Literacy Framework. North American Associationfor Environmental Education.

Sagino. (2019). Sekolah Berbasis Literasi Lingkungan Sebuah Destinasi Akrab dan Peduli Lingkungan. Diakses dari http://jatengpos.co.id/sekolah-berbasis-literasi-lingkungan-sebuah-destinasi-akrab-dan-peduli-lingkungan/

Sueb, Suhadi, Rakhmawati, Y., Diartika, E. I. A., Putri, D. R. (2020). Peningkatan Literasi Lingkungan Melalui Keterampilan Penelitian Lingkungan Dan Pendidikan Lingkungan Pada Guru SMAN Batu. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, HAPERMAS 2, 580-588.

Published
2024-07-12
How to Cite
Azmiyati, U., & Jannah, W. (2024). Penguatan Literasi Lingkungan untuk Membangun Sekolah Sehat dan Hijau di SMK Islam Qiyamu At-Tarbiyah Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 5-9. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v4i2.518

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.