Pemberdayaan Seniman Musik Tradisi Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Dalam Upaya Mendukung Wisata Daerah

  • Lalu Dwi Satria Ardiansyah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Fahimah Saifuddin Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Pemberdayaan, Pelatihan, Bahasa Inggris

Abstract

Desa Setanggor adalah salah satu desa di Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki potensi wisata alam yang sudah tersohor baik dalam skala nasional maupun internasional. Desa Setanggor terletak di Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki jarak ±58 km dari Kota Mataram. Desa Setanggor mempunyai potensi wisata yang menarik diantaranya pemandangan alam, kesenian tradisional, peninggalan sejarah, dan memiliki fasilitas penunjang wisata seperti hotel, villa, rest area, pemandu wisata, homestay dan jasa transportasi wisata. Selain itu, Desa Setanggor juga terkenal sebagai penghasil cengkeh, lingkungan pedesaan yang sejuk dengan hamparan bukit yang tinggi sehingga cocok untuk menyaksikan matahari tenggelam. Oleh sebab itu, dengan mempertimbangkan potensi dan usaha pemerintah daerah dalam pemberdayaan ekonomi wisata di Kabupaten Lombok Tengah, peneliti berinisiatif untuk melakukan sebuah kajian dan penelitian dengan tema Pemberdayaan Seniman Musik Tradisi Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Dalam Upaya Mendukung Wisata Daerah. Tujuan yang ingin dicapai dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan bahasa inggris yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Setanggor sebagai wujud upaya mendukung program wisata berbasis seni musik tradisi. Metode Pelaksanaan Pengabdian ini meliputi beberapa tahapan, yakni: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2018). Lombok Tengah Dalam Angka. http://lomboktengahkab.pbs.go.id Diunduh pada 15 April 2020.

Kristiawan et al. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Berbasis Kebutuhan Lokal Bagi Pelaku Wisata Di Desa Wisata Kemiren. Http://Bappeda.Banyuwangikab.Go.Id/. Diunduh pada 15 April 2020.

Petrovska, Irina. (2001). Materials and Methods in Teaching ESP in Tourism. Bulgaria: BETA-IATEFL .

Sunyoto, Usman. (2004). Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Walker, Robin. (1995). Teaching the English of Touris. IATEFL ESP SIG Newsletter No 4. November 1995. http://www.unav.es/espSig/walker4.htm. Diunduh pada 17 April 2020.

Published
2021-08-31
How to Cite
Ardiansyah, L. D. S., & Saifuddin, F. (2021). Pemberdayaan Seniman Musik Tradisi Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Dalam Upaya Mendukung Wisata Daerah. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 28-38. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/51

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.