Supportif-Edukatif Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi SDN 48 Ampenan Kota Mataram

  • Ni Komang Wijiani Yanti Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Mega Sara Yulianti Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Dian Neni Naelasari Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Menarche, Menstruasi Pertama Kali, Remaja

Abstract

Menstruasi pertama merupakan hal yang sangat wajar dialami oleh remaja perempuan normal dan tidak perlu di khawatirkan. Pada kenyataannya menarche membuat perasaan bingung, gelisah, malu, tidak nyaman selalu menyelimuti perasaan perempuan yang mengalami menstruasi pertama. Kejadian menarche yang semakin dini harus diimbangi dengan kesiapan anak. Ketidaksiapan menghadapi menarche menyebabkan siswi memiliki respon negatif seperti malu, takut, dan khawatir. Tujuan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu meningkatkan pengetahuan siswi SD melalui penyuluhan, simulasi dan penumbuhan kepercayaan diri siswi dalam menghadapi menarche. Metode pelaksanaan dilakukan dengan memberi penyuluhan, simulasi dan penumbuhan kepercayaan diri siswi dalam menghadapi menarche. Lokasi pengabdian dilakukan di SDN 48 Ampenan dengan jumlah siswi perempuan kelas 5 dan kelas 6 sebanyak 25 orang. Kegiatan supportif-edukatif dilakukan dengan memberikan materi dan pemutaran video. Materi pendidikan kesehatan reproduksi berupa pubertas, organ reproduksi wanita, pemeliharaan organ reproduksi, proses menstruasi, cara mengatasi masalah menstruasi, keputihan, dan kesiapan menghadapi menarche. Simulasi dilakukan untuk memberikan gambaran langsung tentang kondisi organ reproduksi wanita, proses pubertas, dan proses menstruasi. Tahap simulasi juga diperagakan cara menggunakan pembalut yang benar dan perlakuan pembalut setelah digunakan. Setelah kegiatan penyuluhan selesai siswi putri akan diberikan leaflet dengan tujuan agar informasi yang diperoleh saat penyuluhan dapat disebarluaskan kepada teman sebayanya. Pemberian pengetahuan tentang kesehatan reproduksi pada siswi SD perlu dilakukan baik sebagai mata pelajaran tambahan oleh guru pembimbing Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) maupun berupa penyuluhan diluar kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiati, A., Ernawati, H., dan Purwanti, L. (2019). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri di SMP 2 Ponorogo. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper. pp. 110–114.

Bili, S., Telly, M., & Tanaem, N. F. D. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Audio Visual terhadap Perilaku Pencegahan Penularan Padakeluarga dengan Tuberkulosis Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Sikumana. CHMK Health Journal, 3(April). http://cyberchmk.net/ojs/index.php/kesehatan/article/view/511.

Hasdianah, Siyoto. (2015). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Intan Kumala Sari. (2018). Kesehatan reproduksi. Jakarta: Salemba Medika

Marmi. (2014). Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarwono SW. (2014). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Soetjiningsih.(2017). Buku Ajar Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Wawan, A., & Dewi M. (2019). Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia, Nuha Medika

Widyastuti, Y. Rahmawati, A., Purnamaningrum, Y.E. dkk. (2016) Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya.

Published
2024-01-16
How to Cite
Yanti, N. K. W., Yulianti, M. S., & Naelasari, D. N. (2024). Supportif-Edukatif Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi SDN 48 Ampenan Kota Mataram. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 24-30. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/509

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.