Pemanfaatan Kulit Singkong Sebagai Kripik Singkong

  • Abidatul Wardiah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Ahmad Turmuzi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Akbar Akbar Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Baiq Feni Wahyuni Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Baiq Ayu Larasati Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Dini Hardianti Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Muhamad Efendi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Muhamad Azwar Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Mirhawati Mirhawati Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Muh Laelatul Badri Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Peragustina Peragustina Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Surya Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Sahnim Sahnim Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Wawan Hasfi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Riana Riana Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Desa Lantan, KKN, Kulit Singkong, Kripik Singkong

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu proses pembelajaran bagi mahasiswa yang akan menempuh semester akhir melalui kegiatan pengabdian masyarakat, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata mengembangkan Tridharma perguruan tinggi terhadap 1) pendidikan, 2) penelitian, dan 3) pengabdian untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yangg sesuai dengan potensi SDA dan SDM dalam suatu desa. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata dapat mengembangkan jiwa kepemimpinan terhadap penanganan masalah dengan melakukan analasis masalah pembangunan atau pemberdayaan masyarakat sesuai bidang keahlian dan menjadi peluang yang baik bagi mahasiswa yang produktif, inovatif, dan kreatif dalam menentukan formula dan strategi penanganan masalah dalam pemberdayaan masyarakat. Penempatan lokasi mahasiswa KKN diarahkan pada desa yang memiliki potensi yang unggul yang belum memiliki perkembangan dalam pengelolaan sumber daya alam. Desa Lantan merupakan titik KKN Mahasiswa UNU NTB yang memiliki potensi sumber daya alam dan perkembangan sektor pariwisata yang baik namun minim edukasi dan skill dalam pemanfaatan sumber daya alam tersebut. Metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN yaitu melalui praktikum pengolahan kulit singkong sebagai kripik, dan testimony kepada masyarakat sebagai edukasi yang dapat bermanfaaat. Adapun sasaran dalam kegiatan KKN yakni masyarakat sekitar lokasi KKN yang terdiri dari masyarakat umum dan juga masyarakat yang memiliki   usaha mikro, dan anak-anak kalangan pelajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiarto, S. (2010). Pengaruh Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Dalam Pembuatan Pelet Ransum Unggas. Jurnal Teknik Lingkungan, 11(1), 127-138.

Desa Lantan. (2022). Profil Pemerintah Desa Lantan. Lombok Tengah: Desa Lantan.

Maulinda, L. (2015). Pemanfaatan Kulit Singkong Sebagai Bahan Baku Karbon Aktif. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 4(2), 11-19.

Ntelok, E., & Rudiyanto, Z. (2017). Limbah Kulit Singkong (Manihot esculenta. L) Alternative Olahan Makanan Sehat. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2).

Published
2024-01-31
How to Cite
Wardiah, A., Turmuzi, A., Akbar, A., Wahyuni, B. F., Larasati, B. A., Hardianti, D., Efendi, M., Azwar, M., Mirhawati, M., Badri, M. L., Peragustina, P., Hadi, S., Sahnim, S., Hasfi, W., & Riana, R. (2024). Pemanfaatan Kulit Singkong Sebagai Kripik Singkong. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 87-90. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/489

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.