Penyuluhan Keamanan Pangan Rumah Tangga Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sigerongan

  • Febrina Sulistiawati Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Dwi Lestari Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: COVID-19, Keamanan Pangan, Ibu Hamil

Abstract

Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang harus dibarengi pula dengan terjaminnya keamanan makanan tersebut. Secara umum, keamanan pangan (food safety) adalah hal-hal yang membuat produk pangan aman untuk dimakan, bebas dari faktor-faktor yang bisa menyebabkan  penyakit misalnya banyak mengandung sumber penular penyakit (infectious agents), mengandung bahan kimia beracun, dan mengandung  benda asing (foreign objects). Salah satu kelompok dengan sistem imunitas tubuh yang rendah sehingga lebih rentan untuk mengidap penyakit atau infeksi adalah ibu hamil. Pada masa pandemi virus covid-19 saat ini, ibu hamil perlu mengetahui dengan baik faktor resiko yang dapat meningkatkan paparan virus sehingga perlu diberikan penyuluhan terkait keamanan pangan pada proses persiapan, pengolahan dan penyajian pangan di tingkat rumah tangga. Diharapkan dengan penyuluhan tersebut muncul kesadaran untuk melakukan praktik  persiapan, pengolahan dan penyajian pangan yang sesuai dengan kaidah keamanan pangan sehingga dapat membantu masyarakat terutama ibu hamil untuk mencegah tertular dari virus covid-19. Kegiatan Penyuluhan Keamananan Pangan Rumah Tangga dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya tingkat pengetahuan responden (ibu hamil) tentang keamanan pangan rumah tangga baik dari tahap persiapan, pengolahan hingga penyajian bahan pangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPOM (Badan Pengawas Obat Dan Makanan). (2001). Prinsip-prinsip Pelaksanaan Analisis Risiko. Jakarta: BPOM.

Brooks, G.F. et al. (2007). Medica Microbiology. USA: 24 Ed. 224-7.

Byrd-Bredbenner C, Berning J, Martin Biggers J, Quick V. Food Safety in Home Kitchens: a Synthesis of the Literature. International Journal of Environmental Research and Public Health, 10(9): 4060-4085.

Dinas Kesehatan NTB. (2020). Data COVID-19 NTB. Diakses dari https://corona.ntbprov.go.id/.

Hariyadi P, RD Haryadi. (2012). Antisipasi Terhadap Isu-isu Baru Keamanan Pangan. Pangan, 21(1): 85-100.

___________. (2020). COVID-19 dan Keamanan Pangan: Sepuluh Pelajaran Untuk Industri Pangan. Food Review Indonesia XV, (5): 21-27.

Kemenkes RI. (2020). Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. Diakses dari http://promkes.kemkes.go.id/menuju-adaptasi-kebiasaan-baru.

Khazanah W. (2020). Edukasi Keamanan Pangan di Dapur Rumah Tangga. Jurnal AcTion: Aceh Nutrition Journal, (5)1: 1-6.

Notoatmodjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Pratiwi IG, BYF Hamidiyanti. (2020). Edukasi tentang Gizi Seimbang Untuk Ibu Hamil dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Pengamas Kesehatan Sasambo, 1(2): 62-69.

Seto, S. (2011). Pangan dan Gizi Ilmu Teknologi Industri dan Perdagangan Internasional. Bogor: Fakultas Teknologi Pertanian.

Published
2021-02-28
How to Cite
Sulistiawati, F., & Lestari, D. (2021). Penyuluhan Keamanan Pangan Rumah Tangga Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sigerongan. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 6-13. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/46

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.