Pencegahan Bencana Tanah Longsor Dengan Penanaman Pohon di Ngargoyoso Karanganyar

  • Christiana Arin Proborini STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Nuriyah Yuliana STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Estiningtyas Estiningtyas STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Anindhita Yudha STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Triana Mirasari STIKes Mitra Husada Karanganyar
Keywords: Tanah Longsor, Bencana, Penanaman Pohon

Abstract

Tanah longsor adalah sebuah bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Tanah longsor adalah bencana alam yang membawa banyak kerugian bagi manusia dan lingkungan alam di sekitar tanah longsor. Meskipun tidak dapat dicegah, kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mencegah tanah longsor. Dampak paling signifikan yang diakibatan tanah longsor adalah terputusnya jalur transportasi, timbulnya korban jiwa, ataupun hilangnya mata pencaharian dan rusaknya objek-objek pariwisata yang berada didekatnya. Banyak objek wisata yang berada didekat lereng ataupun perbukitan mengingat lokasi tersebut memiliki pemandangan yang indah dan tempat yang sejuk sehingga dapat    menarik minat wisatawan. Salah satu daerah objek wisata yang berada di lereng terjal perbukitan adalah Desa Ngargoyoso Karanganyar. Metode pelaksanaan pencegahan bencana tanah longsor dengan penanaman pohon di Ngargoyoso Karanganyar. Kegiatan ini dilakukan satu hari dan dilakukan bersama pemuda, pemudi dari pecinta alam beserta masyarakat sekitar Tambakrejo Ngargoyoso Karanganyar. Hasil kegiatan ini adalah mitigasi terhadap bencana tanah longsor yang sering terjadi di lingkungan tersebut, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir atau was-was lagi bilamana terjadi hujan deras yyang mengakibatkan tanah longsor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar, Z. (2018). Kajian Lingkungan dan Mitigasi Penanggulangan Pra-Bencana di Wilayah Rawan Longsor dan Kekeringan. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Padang.

Efbertias, S., Muhammad, I. M., David, S., Asmuliani, R., Erni, M., Irwan, S., Seri, A. M., Julhim, S., Tangio, T., & Mahyati, M. (2022). Pengantar Ilmu Lingkungan. Yayasan Kita Menulis.

Prawiradisastra, S. (2008). Analisis morfologi dan geologi bencana tanah longsor di Desa Ledoksari Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia, 10(2). DOI: 10.29122/jsti.v10i2.801.

Soetopo, A. (2011). Mengenal Lebih Dekat: Wisata Alam Indonesia. Jakarat: Pacu Minat Baca.

Wahyudin, U. (2017). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common, 1(2). DOI: 10.34010/COMMON.V1I2.576.

Published
2023-08-31
How to Cite
Proborini, C. A., Yuliana, N., Estiningtyas, E., Yudha, A., & Mirasari, T. (2023). Pencegahan Bencana Tanah Longsor Dengan Penanaman Pohon di Ngargoyoso Karanganyar. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 5-7. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v3i2.459

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.