Pengembangan Branding Produk Wirausaha Kerupuk Singkong Desa Banjartengah Kecamatan Dau Kabupaten Malang

  • Samlatul Izzah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Setyoadi Pambudi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Produk, Packing, Branding

Abstract

Branding merupakan kegiatan dengan mengkombinasikan nama, logo, symbol, dan aspek lain yang menjadi identitas suatu produk. Kedudukan branding produk saat ini menjadi senjata pemasaran produk paling utama dibandingkan dnegan kualitas produk. Saat ini kebanyakan masyarakat cenderung membeli suatu produk bukan karena menyukai rasanya, akan tetapi mereka lebih condong suka dengan branding dari produk tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu mengembangkan usaha kerupuk singkong desa Banjartengah  dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai salah satu strategi wirausaha mandiri. Metode pelakasanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu melakukan observasi dan pendampingan praktik. Hasil dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pemilik usaha keeupuk singkong desa Banjartengah mampu mengembangkan kreativitasnya dengan menentukan desain label sebagai ciri khas produk kerupuk singkong, dapat menentukan desain pilihan warna serta kemasan produk supaya masyarakat tertarik sehingga mempermudah untuk melakukan promosi dan daya jual produk meningkat. Pelaksanaan kegiatan ini mendapat respon positif dari masayarakat sekitar dan perangkat kelurahan sebagai mitra, terlihat dari antusias dan dukungan mereka yang diberikan selama kegiatan. Dari kegiatan ini diharapkan mampu mendorong tingkat perekonomian dan memiliki wirausaha kreatif di Desa Banjartengah yang mamou memberikan pengaruh dalam proses pemberdayaan SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, F., Santosa, D. R., & Febrianita, R. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Branding Berbasis Digital sebagai Upaya Pengembangan UMKM Di Kelurahan Bulak Banteng. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 1285-1295.

Lamb, H., & Daniel. (2001). Marketing diterjemahkan oleh David Octarevia. Jakarta: Salemba Empat

Mosissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mutanda, M., & Moyo, S. (2021). A Lateral View on Entrepreneurial Literacy and the Role of Tertiary Institutions: a Case Study of South Africa. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 25(4), 1–15.

Octavia, V., & Liga, M. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: CV Alfabeta Online Information Review.

Shimp, T. (2014). Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion. Diterjemahkan oleh Sena, Fitri dan Annisa. Jakarta: Salemba Empat.

Published
2023-08-31
How to Cite
Izzah, S., & Pambudi, S. (2023). Pengembangan Branding Produk Wirausaha Kerupuk Singkong Desa Banjartengah Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 22-26. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v3i2.417

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.