Pelatihan Pembuatan Pupuk Oranik Cair (POC) Dari Sampah Organik di Desa Pringgasela Selatan Kabupaten Lombok Timur

  • Taufikul Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Astrini Widiyanti Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Nila Hayati Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Sampah Organic, Pupuk Organik Cair, Zero Waste

Abstract

Masyarakat di desa Pringgasela Selatan belum terlalu perduli dalam mengatasi persoalan sampah. Masih ada sebagian besar masyarakat di desa tersebut membuang sampah di sembarang tempat seperti di parit dan saluran irigasi persawahan. Sampah sebenarnya memiliki nilai guna kembali jika dilakukan pengolahan kembali, baik itu pada smapah organic maupun sampah anorganik. Akan tetapi kurangnya pengetahuan masyarakat terutama di desa Pringgasela Selatan dalam pengolahan sampah, sehingga sampah tersebut hanya dikumpulkan, diangkut, dan dibuang. Salah satu pengolahan sampah organic adalah pembuatan Pupuk Organik Cair. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahun mengenai jenis sampah organic, cara memilah sampah, dapat mengolah sampah menjadi pupuk cair yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk memupuk tanaman baik yang ada di persawahan ataupun di pekarangan rumah. Selain itu juga kegiatan ini diharapakan bisa mendukung program Zero Waste yang dicanangkan oleh pemerintah provinsi NTB.  Kegiatan pengabdian ini diawali dengan pemberian materi tentang sampah organic, pupuk organic cair, dan komposter. Kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan komposter dan pupuk organic cair. Dari hasil kegiatan pelatihan ini ibu-ibu peserta yang tergabung dalam kelompok Dasa Wisma RW Sepakat Desa Pringgasela Selatan memberikan respon yang positif. Hal ini terlihat dari antusias mereka dalam mengikuti pemberian materi dan pelaksanaan praktik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2017). Tentang volume Timbulan Sampah di NTB. Mataram: Badan Pusat Statistik Provinsi NTB.

Chandra, Budiman. (2006). Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: EGC.

González, P. T., Vega, C. A., Virgen, Q.A., Benítez, S. O. (2010). Household Solid Waste Characteristics and Management in Rural Communities. The Open Waste Management Journal, 3: 167-173.

Nur, Thoyib., Noor, Ahmad., Elma, Muthia. (2016). Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Sampah Organik Rumah Tangga dengan Penambahan Bioaktivator EM4. Jurnal Konversi, 5(2): 5-12.

Wahyono, Sri. (2001). Pengolahan Sampah Organik dan Aspek Sanitasi. Jurnal Teknologi Lingkungan, 2(2): 113-118.

Published
2021-02-28
How to Cite
Hadi, T., Widiyanti, A., & Hayati, N. (2021). Pelatihan Pembuatan Pupuk Oranik Cair (POC) Dari Sampah Organik di Desa Pringgasela Selatan Kabupaten Lombok Timur. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 14-19. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/36

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.