Sosialisasi Pendidikan Inklusif dan Disabilitas di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara

  • Lukman Hakim Universitas Islam Negeri Mataram
  • Nurul Lailatul Khusniyah Universitas Islam Negeri Mataram
  • Pinton Setya Mustafa Universitas Islam Negeri Mataram https://orcid.org/0000-0002-0099-8910
Keywords: Sosialisasi, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Disabilitas, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Setiap peserta didik perlu mendapatkan hak pendidikan yang sama antara satu dengan lainnya tanpa membeda-bedakan kondisi yang dialaminya. Keberagaman dan keterbatasan peserta didik merupakan tantangan bagi guru maupun keluarga untuk mentransfer ilmu pengetahuan secara optimal. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu memberikan informasi dan pemahaman tentang pendidikan inklusif dan disabilitas pada masyarakat di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.  Metode pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari tiga tahap, antara lain: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi.  Hasil yang didapat dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu meningkatnya pengetahuan tentang pendidikan inklusif dan disabilitas serta kepedulian masyarakat setempat terhadap anak atau peserta didik untuk mendorongnya belajar walaupun terjadi kondisi yang berbeda atau berkebutuhan khusus. Dengan memahami pentingnya pendidikan bagi setiap anak, para orang tua maupun guru di Desa Bayan menjadi antusias untuk membuat sekolah dengan sistem pendidikan inklusif dan disabilitas. sehingga setiap anak belajar di tempat yang sama dan memperoleh pengetahuan yang berkualitas yang dihasilkan kolaborasi dari guru dengan bantuan dari pendamping anak tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-28
How to Cite
Hakim, L., Khusniyah, N., & Mustafa, P. (2023). Sosialisasi Pendidikan Inklusif dan Disabilitas di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 44-49. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/332

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.