Sosialisasi Penggunaan Tanaman Obat Herbal Sereh (Cymbopogon citratus) untuk Penyakit Diabetes di Lingkungan Geguntur

  • Almahera Almahera Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Yusfina Himayanti Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Sosialisasi, Diabetes Militus, Obat Herbal, Tanaman Sereh, Lansia

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) merupakan suatu keadaan dimana metabolit yang terganggu, mengakibatkan tidak dapatnya pangkreas dalam menghasilkan insulin sesuai kebutuhan, atau insulin yang dihasilkan tidak bekerja secara maksimal, seperti kurangnya kemampuan insulin dalam meningkatkan konsentrasi glukosa dalam darah, sehingga menyebabkan kerusakan pada system tubuh, khususnya pembuluh darah dan saraf, sehingga dapat menyebabkan penyakit yang kronis. Maddaloni et al (2020) menyatakan bahwa di Indonesia masih menunjukkan kecenderungan peningkatan kejadian diabetes. Indonesia merupakan Negara dengan peringkat ke 6 di dunia sebagai penyandang diabetes. Terhitung mulai dari usia 20-29 tahun, total jumlah sekitar 10,3 jt orang. (Dinata, 2022) Pengobatan diabetes mellitus adalah pengobatan menahun dan seumur hidup. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan penerapan dalam pemanfaatan tanaman herbal sereh untuk menurunkan gula darah pada lansia. Sasaran dalam kegiatan adalah lansia yang berada di lingkungan Geguntur berjumlah 10 peserta. Metode dalam pengabdian ini berupa sosialisasi tanaman herbal sereh untuk menurunkan gula darah. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu terjadi peningkatan pengetahuan dan penerapan mengenai tanaman herbal sereh untuk menurunkan gula darah pada lansia di lingkungan Geguntur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, B. S., Puspitasari, C. E., & Aini, S. R. (2021). Profil penggunaan obat antidiabetes pada pasien diabetes mellitus tipe 2 di instalasi rawat jalan RSUD Provinsi NTB tahun 2018. Sasambo J Pharm, 2(1), 37–41.

Dinata, I. (2022). Gambaran Pemberian Terapi Senam Kaki Diabetes Pada Lansia Dengan Diabetes Mellitus Tipe Ii Di Desa Banjar Anyar Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan 2022.

Maddaloni, E., Coraggio, L., Pieralice, S., Carlone, A., Pozzilli, P., & Buzzetti, R. (2020). Effects of COVID-19 lockdown on glucose control: continuous glucose monitoring data from people with diabetes on intensive insulin therapy. Diabetes Care, 43(8), e86–e87.

Milita, F., Handayani, S., & Setiaji, B. (2021). Kejadian diabetes mellitus tipe II pada lanjut usia di Indonesia (analisis riskesdas 2018). Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 17(1), 9–20.

Organization, W. H. (2017). Global diffusion of eHealth: making universal health coverage achievable: report of the third global survey on eHealth. World Health Organization.

Widyanata, K. A. J., Wijaya, I. M. S., & Widayati, K. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan Kesehatan Bantuan Hidup Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Wahana Usada, 1(1), 31–36.

Published
2023-02-28
How to Cite
Almahera, A., & Himayanti, Y. (2023). Sosialisasi Penggunaan Tanaman Obat Herbal Sereh (Cymbopogon citratus) untuk Penyakit Diabetes di Lingkungan Geguntur. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 12-14. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/313

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.