Penerapan Transformasi Digital Melalui Tokopedia Seller Apps untuk Memperluas Pemasaran Pada Pelaku UMKM di Kota Medan (Studi Kasus Pada Pelita Petshop Medan)
Abstract
Pelaku UMKM adalah para pelaku usaha yang sangat berperan penting dalam perekonomian suatu daerah, jika pelaku UMKM dapat menggunakan media teknologi yang sedang berkembang dalam usahanya maka semakin besar peluangnya untuk memajukan usahanya. Teknologi berkembang sangat pesat dan terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Oleh karenanya akan terus muncul tren digital marketing terbaru yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi di tahun tersebut. Sudah banyak media yang dapat menjadi alternatif bagi banyak masyarakat Indonesia untuk memasarkan produk, salah satunya ialah Tokopedia Seller Apps. Namun tidak semua para pelaku UMKM paham tentang hal tersebut, oleh sebab itu penulis tertarik melakukan kegiatan Pengabdian yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai digitalisasi dalam berbisnis. Dengan terlaksananya kegiatan ini, penulis dapat menyimpulkan hasil kegitan yang diperoleh yaitu: pihak UMKM yang sebelumnya masih belum menggunakan Tokopedia Seller Apps, namun sekarang sudah menggunakannya, pihak UMKM memperoleh perubahan yang signifikan dari penerapan Transformasi Digital melalui Tokopedia Seller Apps, yang mana perubahan tersebut menimbulkan respon positif bagi mereka.
Downloads
References
Arifianto, E. Y., & Coiri, M. (2018). Pemanfaatan e-Commerce dalam pebelajaran manajemen usaha kecil Dan menengah. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 77–85.
Bashir, A., Susetyo, D., Hidayat, A., Hamira, H., & Aini, B. T. (2020). Pelatihan E-commerce pada Industri Rumah Tangga di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(1), 17–24.
Candra, A. I., Hendy, H., Pratikto, H., Gunarto, A., & Sumargono, S. (2021). Digital Marketing untuk Kewirausahaan Pesantren di Masa Pandemi Covid-19. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1–6.
Ciptowening, A. K., Dewi, R. S., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Marketplace Tokopedia (Studi Kasus Seller Tokopedia). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 762–771.
Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73.
Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–84.
Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati, S. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada PT. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).
Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36.