Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Eco School Nusantara Terhadap Mitigasi Bencana

  • Uzlifatul Azmiyati Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Wardatul Jannah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Edukasi, Kebencanaan, Kesiapsiagaan, Mitigasi Bencana

Abstract

Anak-anak merupakan salah satu kelompok paling berisiko terkena dampak bencana. Untuk meminimalisir dampak bencana dilakukan dengan mitigasi bencana. Mitigasi bencana dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan untuk sadar atau siaga terhadap bencana yang dapat dilakukan dengan sosialisasi. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk mengedukasi peserta agar memiliki kesiapsiagaan terhadap bencana yang merupakan bagian dari mitigasi bencana. Peserta kegiatan ini adalah siswa/siswi Eco School Nusantara. Kegiatan ini dilaksanakan pada Bulan Mei 2022 bertempat di Eco School Nusantara, Sengkol Kabupaten Lombok Tengah. Rangkaian kegiatan berlangsung dengan baik dan berdampak positif bagi para peserta. Peserta semangat dan antuasias mengikuti kegiatan, tidak malu bertanya dan menjawab pertanyaan. Kegiatan ini telah meningkatkan pengetahuan peserta tentang bencana dan mitigasinya. Berdasarkan hasil evaluasi sebagian besar peserta menyatakan sikap setuju lebih siaga terhadap bencana dan akan menceritakan pengetahuan yang mereka dapatkan kepada keluarga/teman. Dengan begitu, diharapkan pengetahuan dan kesiapsiagaan terhadap bencana semakin tersebar luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmiyati, U., Brotopuspito, K.S., dan Dibyosaputro, S. (2016). Kajian Kerentanan Bangunan Akibat Bahaya Gempabumi di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Riset Kebencanaan Indonesia, 2(1), 77-84.

BNPB. (2021). Data Informasi Bencana Indonesia. (Artikel Web). Diakses di http://dibi.bnpb.go.id/dibi/.

BNPB. (2021). Potensi Ancaman Bencana. (Artikel Web). Diakses di https://www.bnpb.go.id/potensi-ancaman-bencana.

BPS. (2022). Statistik Indonesia 2022. Diakses di https://www.bps.go.id/publication/2022/02/25/0a2afea4fab72a5d052cb315/statistik-indonesia-2022.html

Herdwiyanti, F., Sudaryono. (2013). Perbedaan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy pada Anak Usia Sekolah Dasar di Daerah Dampak Bencana Gunung Kelud. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 2(1), 136-141.

Pahleviannur, M., R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JPIS), 29(1), 1-12.

Sunarto, N. (2012). Edukasi Penanggulangan Bencana Lewat Sekolah. Diakses di http://bpbd.banjarkab.go.id/?p=75

Tim Pusat Studi Gempa Nasional. (2018). Kajian Rangkaian Gempa Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bandung: Pusat Litbang Perumahan dan Pemukiman Badan Penelitian dan Pengembangan PUPR.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Published
2023-02-28
How to Cite
Azmiyati, U., & Jannah, W. (2023). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Eco School Nusantara Terhadap Mitigasi Bencana. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-5. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/281

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.