Jarimatika: Permainan Berhitung Cepat Bagi Anak Sekolah Dasar
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk (1) meminimalisir penggunaan gadget pada anak. (2) menumbuhkan budaya bermain sambil belajar pada anak, (3) meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan benda sekitar. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah siswa sekolah dasar di dusun ketangga sebanyak 20 siswa. Metode pelaksanaan menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan penggunaan jarimatika sebagai alat bermain dan berhitung bagi anak. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi kegiatan. Kegiatan evalasi dilakukan untuk melihat ketercapaian target pengabdian dengan memberikan kuesioner yang terdiri dari 7 butir pernyataan dengan menggunakan pengukuran skala likert 1-4. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan sebanyak 20 siswa lebih senang bermain sambil belajar dengan jarimatika dibanding bermain gadget. Terdapat respon kepuasan peserta dengan nilai rata-rata persentase sebesar 91% menyatakan puas dengan pengabdian ini. Selain itu, sebesar 95% peserta menyatakan pengetahuan meningkat setelah mengikuti kegiatan.
Downloads
References
Adrita, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Batuang Angko. Journal on Teacher Education. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.2044
Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66–79. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224
Amarini, I. (2018). Pencegahan Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Pengguna Internet. Kosmik Hukum. https://doi.org/10.30595/kosmikhukum.v18i1.2340
Azizah, M. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa UMM. Jurnal Sosiologi Nusantara. https://doi.org/10.33369/jsn.6.1.45-54
Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816
Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
Lubis, A. A., Pulungan, M. Y., & Syafrida Siregar, L. Y. (2016). Pengaruh Kualifikasi Pendidik Dan Penerapan Belajar Sambil Bermain Terhadap Kreatifitas Pada Anak Usia Anak Dini di Taman Kanak-Kanak Se-Kota Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman. https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i2.515
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education.
Santi, S., & Bachtiar, M. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14436
Wulandari, R., Santoso, S., & Ardianti, S. D. (2021). Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1312
Copyright (c) 2025 Zainul Lutfi Mm, Nur Azizah, Rian Rian, Johari Utama, Purnama Sari, Nuhsi Solehah, Nur Aini, Noni Indriani, Maria Ulfa, Nuriah Hilmi, Wahilah Wahilah, Nikmatul Walidaini, Malik Ibrahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.