Jarimatika: Permainan Berhitung Cepat Bagi Anak Sekolah Dasar

  • Zainul Lutfi Mm Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Nur Azizah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Rian Rian Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Johari Utama Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Purnama Sari Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Nuhsi Solehah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Nur Aini Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Noni Indriani Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Maria Ulfa Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Nuriah Hilmi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Wahilah Wahilah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Nikmatul Walidaini Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Malik Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Jarimatika, Berhitung Cepat, Sekolah Dasar

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk (1) meminimalisir penggunaan gadget pada anak. (2) menumbuhkan budaya bermain sambil belajar pada anak, (3) meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan benda sekitar. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah siswa sekolah dasar di dusun ketangga sebanyak 20 siswa. Metode pelaksanaan menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan penggunaan jarimatika sebagai alat bermain dan berhitung bagi anak. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi kegiatan. Kegiatan evalasi dilakukan untuk melihat ketercapaian target pengabdian dengan memberikan kuesioner yang terdiri dari 7 butir pernyataan dengan menggunakan pengukuran skala likert 1-4. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan sebanyak 20 siswa lebih senang bermain sambil belajar dengan jarimatika dibanding bermain gadget. Terdapat respon kepuasan peserta dengan nilai rata-rata persentase sebesar 91% menyatakan puas dengan pengabdian ini. Selain itu, sebesar 95% peserta menyatakan pengetahuan meningkat setelah mengikuti kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrita, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Batuang Angko. Journal on Teacher Education. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.2044

Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66–79. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224

Amarini, I. (2018). Pencegahan Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Pengguna Internet. Kosmik Hukum. https://doi.org/10.30595/kosmikhukum.v18i1.2340

Azizah, M. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa UMM. Jurnal Sosiologi Nusantara. https://doi.org/10.33369/jsn.6.1.45-54

Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816

Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270

Lubis, A. A., Pulungan, M. Y., & Syafrida Siregar, L. Y. (2016). Pengaruh Kualifikasi Pendidik Dan Penerapan Belajar Sambil Bermain Terhadap Kreatifitas Pada Anak Usia Anak Dini di Taman Kanak-Kanak Se-Kota Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman. https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i2.515

Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education.

Santi, S., & Bachtiar, M. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14436

Wulandari, R., Santoso, S., & Ardianti, S. D. (2021). Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1312

Published
2025-01-10
How to Cite
Mm, Z. L., Azizah, N., Rian, R., Utama, J., Sari, P., Solehah, N., Aini, N., Indriani, N., Ulfa, M., Hilmi, N., Wahilah, W., Walidaini, N., & Ibrahim, M. (2025). Jarimatika: Permainan Berhitung Cepat Bagi Anak Sekolah Dasar. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1-5. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v5i1.277

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.