Inovasi Bahan Pangan Lokal Menjadi PMT Untuk Meningkatkan Keterampilan Pada Ibu Balita di Perumahan Lingkar Permai Mataram

  • Nurmaningsih Nurmaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Dian Neni Naelasari Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Pangan Lokal, Inovasi, Balita

Abstract

Bahan pangan lokal merupakan bahan pangan yang sudah sangat lumrah di masyarakat. Pangan lokal adalah pangan yang diolah dan dikonsumsi berdasarkan tempat tinggal. Namun, di era globalisasi ini tidak ada perkembagan mengenai pengolahan bahan pangan lokal untuk balita. oleh sebab itu, diperlukan inovasi dari ibu-ibu balita agar pemanfaatan bahan pangan lokal bisa terkelola dengan baik dan bukan hanya untuk orang dewasa namun juga untuk balita. Balita adalah calon generasi penerus yang harus memiiki kemampuan yang lebih. Sehingga, diperlukan PMT (pemberian makanan tambahan) pada balita yang berasal dari bahan pangan lokal. Selain itu, dengan adanya inovasi baru mengenai pengolahan bahan pangan local maka akan berdampak kepada peningkatan keterampilan pada ibu balita dan kemudian dengan sendirinya ini akan mendorong ibu balita untuk membuat usaha sehat yaitu pengolahan pangan lokal sebagai PMT bagi balita dengan kualitas gizi yang baik. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang teknologi tepat guna pengolahan pangan lokal sebagai pmt dan bernilai gizi tinggi pada balita. program pengabdian masyarakat program studi ilmu gizi universitas nahdlatul ulama ntb berupa penyuluhan dan praktek inovasi bahan pangan lokal menjadi PMT untuk meningkatkan keterampilan pada ibu balita di Perumahan Lingkar Permai Mataram. Hasil penelitian ini adalah Ibu-ibu menjadi tahu manfaat PMT bagi Kesehatan dan terampil membuat PMT dari bahan pangan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hazelia, Aomi., Poespita, W. N., Angkasa, D., Wulandari, Indah, P.I. (2010). Cassava Vruitpao Sebagai Camilan Sehat Berbasis Pangan Lokal dalam Mendukung Upaya Kampanye Konsumsi Sayur dan Buah. Bogor: IPB University.

Kemenkes RI. (2011). Panduan Penyelenggaraan PMT Pemulihan Bagi Balita Gizi Kurang (Bantuan Operasional). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Limanto, dkk. (2019). Edukasi Pemberian Makanan Tambahan Bagi Ibu Balita Gizi Kurang. Community Development Journal, 3(1).

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistiawati, F. (2019). Pengaruh Edukasi Gizi dan Pelatihan Pengolahan Makanan Sehat Berbahan Pangan Lokal Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Dalam Pemberian Makan Untuk Balita. Jurnal Kesehatan Penelitian Suara Forikes, 10(1).

Yuliatmoko, W., & Artama, T. (2010). Peran FMIPA Universitas Terbuka Dalam Difusi Inovasi Teknologi Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Prosiding Seminar Nasional. Universitas Terbuka Repository.

Published
2023-02-28
How to Cite
Nurmaningsih, N., & Naelasari, D. N. (2023). Inovasi Bahan Pangan Lokal Menjadi PMT Untuk Meningkatkan Keterampilan Pada Ibu Balita di Perumahan Lingkar Permai Mataram. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 15-20. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/247

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.