Workshop Public Speaking Melatih Mahasiswa Terampil Bicara di Depan Umum

  • Muhammad Riyan Hidayatullah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Hasbi Hasbi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Publik Speaking, Terampil Bicara

Abstract

Public speaking dapat dipahami sebagai teknik penyampaian pesan di depan publik. Secara keilmuan, public speaking merupakan bagian dari ilmu komunikasi Kepentingan akan kemampuan berbicara di depan publik sudah sangat mutlak.  Kemampuan ini mendasari kesuksesan setiap orang diberbagai bidang. Seorang public speaker dengan perannya sebagai pemberi pengaruh dan manfaat bagi para pendengar dituntut untuk tampil meyakinkan. Tujuan pengabdian pada masyarakat yang ingin dicapai adalah untuk memberikan bekal keilmuan dan pengetahuan tentang public speaking sehingga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang handal, menarik dan tampil memukau didepan umum pada mahasiswa yang berdomisili di Nusa Tenggara Barat khususnya mahasiswa yang sedang studi di UNU NTB. Metode pelaksanaan pengabdian yang dilakukan pada program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar terciptanya kreativitas dan kemampuan mahasiswa melalui 3 tahapan, yaitu: metode pelatihan, pendampingan dan evaluasi. hasil pelatihan berdasarkan kuisioner umpan balik yang telah diisi yakni peserta merasa sangat puas dengan pelatihan yang telah dilaksanakan dan berharap bisa dilaksanakan lebih lanjut ke depannya karena memberi manfaat dan pengalaman yang luar biasa. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamanda, D. T., & Ramdhani, A. (2018). Strategi Pemasaran. Garut: Universitas Garut.

Chumaeson, W. (2020). Pelatihan Publik Speaking Pada Generasi Muda Desa Kiringan Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(08), 137-143.

Lasmery, R. G. (2018). Public Speaking Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan PKM di SMA Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 81–85.

Nugrahani, D., Kustantinah, I., K, R. F. H., & Larasati. (2012). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1–9

Prayoga, D. D., Kurniawan, A. W., Adnan, I. Z., & Nurhadi, Z. F. (2018). Komunikasi Militer Pada Remaja Dalam Mengambil Keputusan Menjadi Prajurit Tni-Ad Di Korem 062 Tarumanagara Garut. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 4(1), 1-32. https://doi.org/10.25124/liski.v4i1.1248

Sumrahadi, A. E., Respati, N. P., Kania, I., & Rahmadhanty, A. (2020). Gaya Kepemimpinan Transformasional, Stres Kerja, Kepuasan Kerja, dan Turnover Intention pada Karyawan Perusahaan Penyedia Jasa Konsultasi Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jurnal Ilmu Sosial Politik Dan Humaniora, 2(1), 1–16.

Published
2022-08-11
How to Cite
Hidayatullah, M., & Hasbi, H. (2022). Workshop Public Speaking Melatih Mahasiswa Terampil Bicara di Depan Umum. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 54-58. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/229

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.