Pelatihan Penulisan Lagu Berbahasa Inggris untuk Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah

  • Fahimah Saifuddin Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Lalu Dwi Satria Ardiansyah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Pelatihan, Lagu, Bahasa Inggris

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengambil  peran  untuk melatih guru  PAUD dalam  menulis lagu  berbahasa inggris  guna memudahkan siswa mempelajari Bahasa Inggris. Lagu merupakan salah satu media pembelajaran yang menyenangkan untuk anak usia dini. Selain sebagai hiburan, lagu juga bisa digunakan untuk menghafal kosakata bahasa Inggris. Hampir semua anak senang dengan lagu sehingga lagu selalu dipakai di PAUD. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu guru-guru PAUD agar bisa membuat lagu berbahasa inggris sehingga materi-materi Bahasa Inggris tersampaikan dengan menyenangkan kepada siswa PAUD di Desa Darek. Pengabdian ini diawali dengan memberikan materi tentang karakteristik anak usia dini, aspek yang perlu diperhatikan dalam pengajaran Bahasa Inggris bagi anak usia dini, manfaat lagu untuk anak usia dini, dan cara membuat lagu untuk anak usia dini. Selanjutnya pemateri membagikan kelompok yang terdiri dari dua orang setiap kelompok. Dilanjutkan dengan membuat lirik lagu oleh setiap kelompok yang kemudian dievaluasi melalui praktek menyanyikan lagu oleh setiap kelompok sesuai dengan lagu yang mereka ciptakan. Kegiatan ini mendapat tanggapan yang sangat baik. Hal ini terlihat dari antusias guru-guru yang mengikuti kegiatan tersebut mulai dari pemberian materi, praktek membuat lirik lagu, sampai pada menyanyikan lagu ciptaan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aimah, M. I. & S. (2012). Keefektifan Lagu Sebagai Media Pembelajaran dalam Pengajaran Pronounciationl/Pengucapan. Seminar Hasil-Hasil Penelitian – LPPM UNIMUS.

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575

Jumaryatun, J. (2013). Penggunaan Media Lagu Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Cerpen. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(3).

Paramitha, N. P. (2018). Lagu Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ihtimam, 1(1), 111–132. https://doi.org/10.36668/jih.v1i1.159.

Sophya, I. V., & Sophya, I. V. (2013). Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini. Thufula, 1(1), 1–21.

Triana, V. (2017). Keefektifan Media Lagu Pembelajaran Terhadap Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V Sd Negeri Tembok Luwung 01 Adiwerna Kabupaten Tegal. Joyful Learning Journal, 2(2).

Published
2022-08-11
How to Cite
Saifuddin, F., & Ardiansyah, L. D. S. (2022). Pelatihan Penulisan Lagu Berbahasa Inggris untuk Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 50-53. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v2i2.228

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.