Pemanfaatan Energi Gelombang Untuk Penerangan Kegiatan Nelayan di Tanjung Karang

  • L. Auliya Akraboe Littaqwa Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • M Said Ramdlan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Kata Kunci: Limbah Elektronik, PLTG, Perubahan Iklim, Nelayan, Tanjung Karang

Abstract

Limbah elektronik yang tidak terkelola secara baik dan penggunaan bahan bakar fosil yang secara terus menerus berkontribusi terhadap penurunan kualitas lingkungan sebagai contoh estetika lingkungan, dan perubahan iklim. Oleh karenanya, pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah elektronik untuk digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan prototipe  pembangkit listrik energi gelombang (PLTG) yang akan digunakan sebagai alat penerangan nelayan ketika melaut pada malam hari. Pengabdian ini dilakukan dari pembuatan prototipe PLTG, pengujian prototipe , publikasi ilmiah dan pelaporan. Dari hasil kegiatan pengabdian, prototipe PLTG dapat menghasilkan energi listrik sebesar 3-5-volt dan dapat digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan kegiatan melaut bagi para nelayan. Adapun beberapa luaran yang dihasilkan dari pengabdian ini diantaranya adalah presentasi prototipe PLTG di Pameran Inovasi dan Teknologi (INOVTEK) Brida Provinsi NTB, kegiatan diskusi Bersama Bersama nelayan, dan prototipe ini berhasil mendapatkan Juara I pemuda pelopor di bidang inovasi dan teknologi di tingkat Kabupaten Lombok Barat dan Juara II pemuda pelopor di bidang inovasi dan teknologi di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kelurahan Tanjung Krang. (2020). Kelurahan Tanjung Karang Dalam Angka Tahun 2020. Mataram: Kelurahan Tanjung Karang.

Published
2022-08-11
How to Cite
Littaqwa, L. A. A., & Ramdlan, M. S. (2022). Pemanfaatan Energi Gelombang Untuk Penerangan Kegiatan Nelayan di Tanjung Karang. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 40-44. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v2i2.226

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.