Edukasi PHBS di Rumah Tangga Dalam Mencegah Stunting Pada Ibu Balita di Perumahan Lingkar Permai Kota Mataram

  • Dian Neni Naelasari Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Nurmaningsih Nurmaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: PHBS, Edukasi, Stunting, Ibu Balita, Ibu Hamil

Abstract

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan linier yang disebabkan adanya malnutrisi asupan zat gizi kronis dan atau penyakit infeksi kronis berulang. Stunting dapat dicegah dengan beberapa hal seperti memberikan ASI Esklusif, mengkonsumsi makanan beraneka ragam dengan menu sehat dan seimbang, membiasakan PHBS, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, memberikan suplemen pada balita dan memantau tumbuh kembang anak secara teratur atau rutin membawa ke posyandu. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan penerapan dalam PHBS pada tingkat rumah tangga khususnya ibu hamil dan ibu dengan anak balita dalam menerapkan PHBS di rumah tangga dan untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi yang sehat dan seimbang dengan menerapkan PHBS dalam praktik pengolahan bahan makanan. Sasaran kegiatan adalah ibu hamil dan ibu dengan anak balita yang berada Perumahan Lingkar Permai Kota Mataram berjumlah 15 peserta. Kegiatan pengabdian berupa edukasi PHBS dan demonstrasi mencuci tangan dengan baik dan benar disertai dengan kegiatan pre-test dan post-test. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu terjadi peningkatan pengetahuan dan penerapan mengenai PHBS Di Rumah Tangga Dalam Mencegah Stunting pada Ibu Balita Di Perumahan Lingkar Permai Kota Mataram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, L. (2018). Hubungan Karakteristik Ibu, Pelaksanaan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) Dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Dengan Kejadian Stunting (Studi kasus pada baduta 6-23 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pucang Sawit Kota Surakarta). Jurnal Kesehatan Masyarakat 6(4), 2356-3346.
Aswadi, M. S., Syahrir, S. (2020). Strategi Promosi Kesehatan dalam Peningkatan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Tatanan Rumah Tangga di Puskesmas Polombangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Higiene, 6(1).
Dinas Kesehatan Kota Mataram. (2017). Rencana Strategis (Renstra) Dinas Kesehatan Kota Mataram Tahun 2016-2021 (Review). Mataram: Dinas Kesehatan Kota Mataram.
Handika, A., & Rohmani, S. (2021). Hubungan PHBS dan Asi Eksklusif Dengankejadian Stuntingpada Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Kedaung Barat Kabupaten Tangerang 2021. Nusantara Hasana Journal, 2(2), 141-154.
Lestari, D. Sulistiawati, F., & Naelasari, D. N. (2021). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Serta Gizi Seimbang Pada Ibu Hamil Untuk Meningkatkan Imunitas Pada Masa Pandemi COVID-19. Abdinesia: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1). 21-28.
Lynawati. (2020). Hubungan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) Terhadap Stunting di Desa Kedung Malang Kabupaten Banyumas. Jurnal Hummansi (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 3(1).
Mubarak. (2007). Promosi Kesehatan Sebuah Pengamatan Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan.
Natsir, M. F. (2019). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Desa Parang Baddo, 1(3).
Purwanto, D., & Rahmad, R. E. (2020). Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Stunting Pada Balita di Desa Jelbuk Kabupaten Jember. Jiwakerta: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 1(1), 10-13.
Wati P. D. C. A., & Ridlo, I. A. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(1), 47-58.
Published
2022-08-09
How to Cite
Naelasari, D. N., & Nurmaningsih, N. (2022). Edukasi PHBS di Rumah Tangga Dalam Mencegah Stunting Pada Ibu Balita di Perumahan Lingkar Permai Kota Mataram. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 11-15. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v2i2.220

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.