Sosialisasi Olahraga Tonis Kepada Guru PJOK di Kota Mataram

  • Hasbi Hasbi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Lalu Moh Yudha Isnaini Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Pelatihan, Wirausaha, Pemuda

Abstract

Bermain dalam kehidupan manusia sudah menjadi bagian hidup yang terkadang sulit atau tidak bisa dilupakan atau ditinggalkan oleh pelakunya. Bahkan, kegiatan bermain oleh banyak orang sudah dianggap menjadi salah satu kebutuhan hidup, karena tidak hanya bagi anak-anak, tetapi orang dewasa dan orang tua pun merasa membutuhkan situasi dan aktivitas bermain dalam kehidupannya. Mereka merasa mendapatkan kesenangan atau kepuasan setelah melakukan kegiatan bermain, dapat menghilangkan kepenatan karena tugas-tugas dan pekerjaan, dan tidak sedikit yang merasakan mendapatkan kembali kesegaran jiwa dan raga. Program PKM dengan tema Sosialisasi Permainan Tonis Bagi Guru Pendidikan Jasmani di Mataram bertujuan untuk memperkenalkan permainan Tonis, Tonis merupakan cabang olahraga baru yang berasal dari Semarang Jawa Tengah. Hasil Pelatihan Tonis ini untuk meningkatkan guru pendidikan jasmani khususnya sekolah dasar dalam memahami permainan Tonis sehingga dapat menyebar luaskan ilmu dan keterampilan yang diperoleh kepada rekan sejawatnya dan anak-anak didiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, H. (2018). Pemahaman Peraturan Permainan Tenis Pada Peserta Penataran Wasit Tenis Di Universitas PGRI Semarang. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(17), 98–102.
Jatra, R., & Fernando, D. D. (2019). The understanding of Court Tennis Rules for Participants of Licensing Tennis Umpire Training. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1), 70-79.
Nelistya, A. (2011). Menjadi Juara Tenis Meja. Bogor.
Rubeni, Y. (2012). Hubungan Kualifikasi Pendidikan, Pengalaman dan Motivasi dengan Kinerja Wasit Tenis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukadiyanto, S. (2015). Prinsip-Prinsip Pola Bermain Tenis Lapangan. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 1(2).
Published
2022-08-09
How to Cite
Hasbi, H., & Isnaini, L. M. Y. (2022). Sosialisasi Olahraga Tonis Kepada Guru PJOK di Kota Mataram. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 8-10. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v2i2.219

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.