Usaha Meningkatkan Nilai Asssesmen Kompetensi Minimum Melalui Pengayaan Materi Pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar

  • Azmussya'ni Azmussya'ni Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Lalu Abdul Aziz Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Assesmen Kompetensi Minimum, Literasi, Numerasi Pengayaan Materi

Abstract

Terganggunya proses pembelajaran akibat wabah pandemi dapat menyebabkan terjadinya penurunan kualitas sumber daya manusia ke depan baik dalam aspek kognitif, afektif dan konatif. Untuk itu diperlukan upaya dari berbagai pihak agar tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai. Program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa kegiatan pengayaan materi pelajaran di Sekolah Dasar di Kecamatan Sakra. Program pengayaan dilakukan guna menigkatkan nilai asesmen kompetensi minimum baik itu kompetensi literasi maupun numerasi siswa sebagai syarat kelulusan. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan materi tambahan kepada siswa kelas VI yang berkaitan dengan kisi-kisi Asesmen Kompetensi Minimum. Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu mendongkrak nilai dan pengetahuan siswa pada sekolah-sekolah yang menjadi sasaran PKM selama masa pandemic covid-19. Adapun sasaran pengabdian ini adalah tiga sekolah, yaitu SDN 2 Kabar, SDN 3 Kabar dan SDN 1 Peresak Berdasarkan hasil pengabdian, nilai rata-rata sebelum bimbingan adalah 37,5 dan setelah bimbingan adalah 50,6. Nilai minimum sebelum bimbingan adalah 15 dan setelah bimbingan 40. Nilai maksimum sebelum bimbingan 55 setelah bimbingan adalah 73 dengan standar deviasi sebelum bimbingan 12,16 dan setelah bimbingan 8,75. Hal ini menunjukkan adanya Peningkatan nilai latihan UN sebelum dan setelah bimbingan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyana, A. (2020). Prospek AKM Dan Survei Karakter: Memperkuat Basis Praliterasi dan Pranumerasi Usia Dini.

Mendikbud. (2020). Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan AKM dan Implikasinya Pada Pembelajaran.

Novita, N. (2021). Asesmen Nasional: Pengetahuan Dan Persepsi Calon Guru. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(1).

Resti, Y., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Palembang. Jurnal Pendidikan, 18–19.

Subirin, A. (2017). Ulul Albab Generation: Roles of Ulul Albab Teachers in Malaysian Selected School. International Journal of Academic Research in Business and Social, 7(1). http://dx.doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i14/3793.

Sujana, I. W. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1).

Published
2022-08-11
How to Cite
Azmussya’ni, A., & Aziz, L. A. (2022). Usaha Meningkatkan Nilai Asssesmen Kompetensi Minimum Melalui Pengayaan Materi Pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 29-33. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v2i2.210

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.