Peningkatan Kemampuan Analisis Komponen Biomotorik Kepada Pemuda di Lembaga Personal Trainer Lombok dan Mahasiswa PJKR UNU NTB

  • Lalu Mariawan Alfarizi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Yadi Imansyah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Analisis, Komponen Biomotorik, Personal Trainer Lombok

Abstract

Salah satu elemen dalam kemampuan pemuda dan mahasiswa yang bergerak dalam bidang olahraga adalah kemampuan untuk menganalisis komponen biomotorik. Komponen biomotorik ini merupakan suatu keberhasilan dalam menunjang orang dalam melakukan aktivitas Olahraga. Ketika mahasiswa dan pemuda yang bergerak dalam bidang olahraga mampu untuk menganalisis komponen biomotorik tubuh, maka mereka akan dengan mudah membuat program Latihan yang sesuai dengan kebutuhan dari atlit atau member. Kurangnya kemampuan dalam menganalisis komponen biomotorik membuat mahasiswa dan pemuda kesulitan dalam membuat program Latihan yang akan menunjang kemampuan tubuh. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemuda di Lembaga personal Trainer Lombok dan Mahasiswa PJKR UNU NTB. Metode yang dilakukan dalam bentuk ceramah, diskusi, dan workshop. Hasil dari pengabdian diharapkan akan memberika pengalaman dan pengetahuan baru kepada pemuda dan Mahasiswa sehingga dapat berkontribusi dalam kemajuan olahraga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiatmika, I.P.G., & Santika, I.G.P.N. (2016). Bahan Ajar Tes dan Pengukuran Olahraga. Denpasar: Udayana Unversity Press.

Bompa, T.O. (2009). Theory and Methodologi of Training. Dubuque: Hunt Publishing Company.

Irianto, N. (2018). Pengeruh Latihan Fartlek Terhadap Peningkatan Daya Tahan Paru Jantung Peserta Badminton di PB Elang Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Univeristas Negeri Yogyakarta.

Nala, I.G.N. (2015). Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Udayana Nuversity Press.

Santika, I.G.P.N. (2015). Tingkat Kebugaran Jasmani Calon Mahasiswa Baru Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2015. Denpasar: IKIP PGRI Bali.

Santika, I.G.P.N. (2015). Tingkat Kelincahan Calon Mahasiswa Baru Putra Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2015. Denpasar: FPOK IKIP PGRI Bali.

Sukadiyanto, & Muluk, D. (2011). Melatih Fisik. Bandung: CV Lumbak Agung.

Published
2022-02-28
How to Cite
Alfarizi, L. M., & Imansyah, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Analisis Komponen Biomotorik Kepada Pemuda di Lembaga Personal Trainer Lombok dan Mahasiswa PJKR UNU NTB. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 43-45. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/181

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.