Workshop Riset, Penulisan Karya Ilmiah, dan Analisis Statistika Untuk Guru SMPN 1 Sukorejo

  • Sueb Sueb Universitas Negeri Malang
  • Utami Sri Hastuti Universitas Negeri Malang
  • Siti Zubaidah Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Syamsussabri Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Riset, Analisis Statistika, Artikel Ilmiah

Abstract

Workshop telah menjadi keperluan bagi guru untuk melakukan riset, analisis data dengan statistika dan penulisan karya ilmiah. Melalui workshop diharapkan dapat dihasilkan karya ilmiah berupa artikel riset. Tujuan workshop ialah untuk menguji perbedaan hasil sebelum dan sesudah pemberian workshop riset terhadap penulisan karya ilmiah dan analisis statistika  sehingga dapat membantu guru dalam menuliskan karya ilmiah. Metode yang digunakan ialah quasi experiment dengan pretest-posttest desain. Guru diberikan pretest sebelum diberikan materi dan di akhir kegiatan diberikan postest. Populasi penelitian iaah seluruh guru di SMPN1 Sukorejo, sampel terdiri dari 29 orang guru. Analisis data dengan paired-t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest sebelum diberikan workshop dan  postest setelah diadakan workshop. Disarankan diadakan workshop serupa di sekolah-sekolah lainnya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengadakan riset, analisis data, dan kemampuan menulis artikel ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ilfiandra, S, U., Akhmad, S.N., Budiamin, A.M & Setiawati. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 70-81.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Larasati, R.T. (2014). Faktor-Faktor Penghambat Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Dasar Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan UNY.

Malim, M., & Kusno. (2014). Analisis Kesulitan Penggunaan Statistika pada Guru dan Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional. Purwokerto.

Nilakusmawati, D.P.E., Sari, K. & Puspawati, N.M. (2016). Upaya Peningkatan Penguasaan Guru SD dalam Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah melalui Pelatihan. Jurnal Udayana Mengabdi, 15(1), 1-9.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2017 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan.

Prihadi, B. 2016. Penulisan Karya Ilmiah. (Online), (http://staffnew.uny.ac.id/upload/131662618/pendidikan/PENULISAN+KARYA+ILMIAH_0.pdf).

Sa’idah, N. (2015). Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia. Prosiding Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 54-61.

Sudjana, N. (1988). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah: Makalah-Skripsi-Tesis-Disertasi. Jakarta: Sinar Baru.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Pasal 4 tentang Guru dan Dosen.

Wardhani, I., Kuswaya, W., & Noehi, N. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
2022-02-28
How to Cite
Sueb, S., Hastuti, U., Zubaidah, S., & Syamsussabri, M. (2022). Workshop Riset, Penulisan Karya Ilmiah, dan Analisis Statistika Untuk Guru SMPN 1 Sukorejo. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 19-23. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/145

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.