Disaster Mitigation Trainig in Safe Education
Abstract
Hal ini dilatar belakangi oleh musibah yang sudah terjadi dan Analisa factor yang bisa membuat masyarakat tetap waspada dan bisa mengambil Tindakan dikemudian hari. Pengabdian ini bertujuan untuk meberikan pelatihan kepada masyarakat berupa latihan stimulasi kebencanaan/Sekolah Aman Becana. perserta kegiatan jumlah berjumlah 35 orang yang terdiri dari Dewan Guru orang Tua siswa, kadus, RT team kesehatan, team keamanan desa, Fasilitator ditugaskan untuk mendampingi mitra melalui penyelenggaraan pelatihan melalui diskusi, perencanaan dan evaluasi. Metode sosialiasi, dan partisipatif, pendekatan yang berorientasi pada upaya peningkatan peran. Hasil evaluasi peserta kegiatan ini harus dilakukan selama 6 bulan sekali serta berkordinasi kepada BPBD
Downloads
References
Fauzi, F., & Handayani, S. R. (2021). Pendampingan Program Sekolah Siaga Bencana Berbasiskan Masyarakat Pada Sekolah Budi Agung JAKARTA. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam. https://doi.org/10.37249/jpma.v1i1.265.
Ramadhani, R. M., Gustaman, F. A. I., Kodar, M. S., & Widanaha, I. K. (2020). Implementasi Program Sekolah Aman Bencana Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Balikpapan Kalimantan Timur. JIPSINDO. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34936.
Rinaldi, I. R., & Permana, A. Y. (2019). Tingkat Kerentanan Bencana Pada Sekolah. Jurnal Arsitektur Zonasi.
Shohib, M. (2015). Sekolah aman untuk anak-anak pengungsi akibat bencana tsunami. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi. https://doi.org/10.22219/procedia.v3i1.2212.