Pendampingan Mahasiswa dalam Berpikir Secara Komputasi (Computational Thinking)
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa akan pentingnya memahami konsep matematika di bidang informatika. Hal ini diperoleh dari hasil wawancara dan tes mahasiswa informatika terkait hubungan matematika dengan bidang mereka. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh anggapan atau pendapat beberapa mahasisiwa yang mempertanyakan dan tidak memahami kebermanfaatan ilmu matematika sebagai dasar perkembangan ilmu teknik informatika. Di dalam bidang Informatika, mahasiswa dituntut untuk dapat melakukan komputasi dari suatu permasalahan dengan bantuan aplikasi. Oleh karena itu, dilakukan pendampingan kepada mereka terkait bagaimana berpikir secara komputasi (Computational Thinking). Subjek pada kegiatan pengabdian ini adalah mahasiswa semester 3 sebanyak 40 orang selama tujuh kali pendampingan untuk mencapai tujuan dari pengabdian ini. Adapun tahapan berpikir komputasi merupakan metode problem solving dari masalah nyata dengan melalui beberapa tahap yaitu dekomposisi (proses penguraian suatu masalah kompleks menjadi lebih sederhana), abstraksi (pemodelan secara matematis, pengenalan pola sebagai kunci dari solusi setiap permasalahan sehingga proses penyusunan algoritma menjadi lebih efektif dan efisien untuk pengambilan keputusan
Downloads
References
CSTA, C. S. (2011). Computational Thinking Teacher Resources. Nasional Science Foundation Under Grant.
Ioannidou, A. (2011). Computational Thinking Patterns. Annual Meeting of the American Educational Research Association (AERA), 4.
Khodijah, N. (2014). Psikolog Pendidikan. Depok: RajaGrafindo Persada.
McKenney, S., & Reeves, T. C. (2012). Conducting educational design research. Oxon: Routledge.
Putrawangsa, S. (2013). Educational design research: Developing students’ understanding of the multiplication strategy in area measurement. Master Thesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya,
Putrawangsa, S. (2017). Desain pembelajaran matematika realistik: CV Reka Karya Amerta.
Putrawangsa, S. (2021). The Potential of Spatial Reasoning in Mediating Mathematical Understanding: The Case of Number Line. Paper presented at the International Conference on Mathemaitcs and Learning Research, Indonesia.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2020). Mathematics education in digital era: utilizing spatialized instrumentation in digital learning tools to promote conceptual understanding. Paper presented at the International Seminar on Applied Mathematics and Mathematics Education 2020, Indonesia.
Syaeful, M. d. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. researchgate, 2.
Wing, J. (2006). Computational Thinking. New York City: Association for Computing Machinery.
Wing, Jeanette (2014). Computational Thinking Benefits Society. 40th Anniversary Blog Of Socisl Issues in Computing.