Bahaya Merokok dan Hidup Sehat Tanpa Rokok

  • Andi Mulyan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Trisna Kusuma Wardani Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Dewi Puspita Ningsih Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Bahaya Rokok;, Hidup Sehat, Asap

Abstract

Merokok adalah membunuhmu. Istilah ini dapat diartikan bahwa dengan mengisap rokok setiap waktu tentu dapat membahayakan kesehatan tubuh kita, bahkan mengakibatkan kematian. Dalam World Health Organization tertuan bahwa bahwa epidemi merokok telah membunuh sekitar enam juta orang setiap tahun. Realita, komsumsi rokok banyak terjadi pada kalangan remaja sehingga dilakukan pengabdian kepada remaja yang ada di Desa Masmas Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang dampak negatif mengisap rokok dan hidup sehat tanpa mengisap rokok. Dari hari Jumat tanggal 3 hingga dengan Minggu 5 Desember 2021, dimana pengabdian dilaksanakan kepada kelompok-kelompok remaja yang ditemukan di Desa Masmas, yaitu yang ditemukan berkumpul di suatu tempat tongkrongan. Pengabdian dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Kegiatan ini terselenggra atas dana sendiri, namun terlaksana dengan baik dan berhasil mencapai tujuan yang diharapkan. Rencana kedepannya yaitu tetap akan melanjutkan kegiatan pengabdian di tempat yang sama dan juga di tempat lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Riskesdas. (2010). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Riskesdas. (2013). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

WHO. (2015). Global Youth Tobacco Survey (GYTS): Indonesia Report. New Delhi: World Health Organization, Regional Office for South-East Asia.

WHO. (2016). WHO Report on the Global Tobacco Epidemic. Diakses dari (http://www.who.int/tobacco/mpower/en/index.html).

Published
2022-02-28
How to Cite
Mulyan, A., Wardani, T. K., & Ningsih, D. P. (2022). Bahaya Merokok dan Hidup Sehat Tanpa Rokok. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-6. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/138

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.