Pelatihan Terapi Massage Bagi Tenaga Kerja Indonesia

  • Lilik Evitamala Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Pelatihan, Massage, Tenaga Kerja Indonesia

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah dihadiri oleh calon tenaga kerja Indonesia yang berjumlah   6  orang khusus laki-laki yang akan bekerja sebagai terapis massage di luar negeri (Arab Saudi). Metode yang di gunakan dalam pembelajaran berlangsug yaitu ceramah penyampaian materi yang sifatnya teoretik, demonstrasi memberikan contoh dan  membina calon Tenaga Kerja Indonesia untuk  mempraktekan berbagai macam materi, diskusi memberi kesempatan bagi peserta untuk bertanya dam proses pelatihan, evaluasi melihat minat dan kesungguhan  peserta dalam mengikuti kegiatan ini. calon Tenaga Kerja Indonesia yang mengikuti   pelatihan ini ditunjukan dengan hasil yang sangat memuaskan dalam sesi pemberian materi, hal  ini bisa dilihat dari hasil evaluasi secara umum tentang pengaplikasian massage. Kesimpulan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu Calon Tenaga Kerja Indonesia di Lombok Barat bertambah pengetahuan, kemampuan dan keterampilan, dapat mengaplikasikan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan massage, serta memiliki ruang baru untuk penghasilan tambahan melalui jasa massage di luar Negeri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-13
How to Cite
Evitamala, L. (2024). Pelatihan Terapi Massage Bagi Tenaga Kerja Indonesia. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 32-33. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v4i2.132

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.