COVID19 Mencegah Penularan Covid-19 Dengan Memahami 6 Langkah Cuci Tangan Baik dan Benar Menurut WHO Pada Siswa dan Siswi SMA Islam Uswatun Hasanah Cempaka Putih

  • Muhamad Siladani Fatuhu Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Mega Sara Yulianti Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Andika Apriawan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: COVID-19, Cuci Tangan, WHO

Abstract

Mencuci tangan merupakan satu tehnik yang paling mendasar untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh. Tujuan kegiatan ini untuk mencegah penularan COVID-19 kepada siswa-siswi SMA Islam Uswatun Hasanah Cempaka Putih, kecamatan Batukliang Lombok Tengah, melalui cuci tangan. Metode Pendidikan Kesehatan (Pengabdian) ini menggunkan 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar. Langkah pertama basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar sehingga menghasikan busa secukupnya selama 15-20 detik. Langkah kedua usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian. Langkah ketiga gosok sela-sela jari tangan hingga bersih. Langkah keempat bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. Langkah kelima gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Langkah keenam letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan dan bilas dengan air bersih serta keringkan. Dari kegiatan ini diharpakan siswa/siswi dapat menerapkan cucitangan dilingkungan sekolah pada khsusunya dan di lingkungan masyarakat pada umumnya serta membantu sprogram pemerintah Indonesia dalam proses pencegahan dan pemutusan rantai penularan COVID-19 sehingga dapat segera memulihkan angka Kesehatan penduduk di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2020). Supplement: Community Containment Measures, Including Non Hospitasl Isolation and Quarantine. Diakses dari https://www.cdc.gov/sars/guidance/d-quarantine/app3.html.

Minhajat, Rahmawati., & Bayu, Dimans. (2018). Keterampilan Sanitasi Tangan dan Penggunaan Sarung Tangan. Makasar: Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin.

Kementrian Kesehatan Repulik Indonesia. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 Tentang Pedoman PPI. Jakarta: Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

Astuti, Yuli. (2013). Modul Filed Lab Semester V Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Surakarta: Fakultas Kedokteran UNS.

World Health Organization (WHO). 2020. Coronavirus. Diakses dari https://www.who.int/health-topics/coronavirus.

Published
2021-08-31
How to Cite
Fatuhu, M. S., Yulianti, M. S., & Apriawan, A. (2021). COVID19 Mencegah Penularan Covid-19 Dengan Memahami 6 Langkah Cuci Tangan Baik dan Benar Menurut WHO Pada Siswa dan Siswi SMA Islam Uswatun Hasanah Cempaka Putih. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 73-79. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/124

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.