Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Produk Hasil Perikanan di Desa Sigerongan
Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Produk Hasil Perikanan Di Desa Sigerongan Lombok Barat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kreaktifitas masyarakat dalam pemasaran hasil perikanan melalui media sosial sebagai sarana pengembangan usaha berbasis teknologi dan mempertahankan ketahanan pangan Indonesia. Sasaran kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial adalah 20 orang peternak ikan di Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Pengabdian kepada Masyarakat ini akan dilaksanakan di halaman kantor Desa Sigerongan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, NTB dengan metode: ceramah, simulasi, dan diskusi.
Downloads
References
Akbar, G. H. (2017). Analisis Perbandingan Tingkat Usabilitas Pada Website Belanja Online di Indonesia (Studi Kasus: Tokopedia, Buka Lapak, Shopee). Prosiding Seminar Nasional Teknologi IV. Samarinda
Blythe, J. (2000). Marketing Communications. London: Pearson Education.
Dewantoro, G.W. (2017). Mengenal Cupang (Betta spp) Ikan Hias Yang Gemar Bertarung. Jurnal Warta Iktiologi, 1(1), 28-32.
Dewantoro, G.W. 2001. Fekunditas dan Produksi Larva pada Ikan Cupang (Betta SplendensRegan) yang Berbeda Umur dan Pakan Alaminya. Jurnal Iktiologi Indonesia, 1(2): 49-52.
Dharmaputra, A & Persada, A. (2013). Implementasi Media Sosial dan E-commerce untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Sayur dan Peternakan (Studi Kasus: Desa Sumberejo).
Ekojono, E., Irawati, D., A. Safitri, H., K. Rahmanto, A., N. 2018. IPTEK Bagi Masyarakat Pembudidaya Ikan Hias Air Tawar Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Fedianty, A & Widaya. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2).
Hendri, R., Yulinda, E., & Hazmi, A. (2019). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Ikan Di Desa Hangtuah Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Marine Kreatif, 1(1).
Prasadi., O. (2019). Pemanfaatan Lahan Sempit sebagai Tempat Budidaya Ikan Cupang di Mertasinga, Cilacap. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1).
Riese, M., Pennisi, L., & Major, A. (2010). Using Social Media To Market Your Business. Nebraska Lincoln.
Kaplan, A. M & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.
Kottelat, M. (2013). The Fishes Of The Inland Waters of Southeast Asia: A Catalogue And Core Bibliography of The Fishes Known To Occur In Freshwaters, Mangroves And Estuaries. The Raffles Bulletin of Zoology, (27), 1–663.
Saputra, F., Febrina, C., D. Dini Islama. (2020). Manajemen Seleksi Induk Dalam Pembenihan Ikan Cupang Di SMK Negeri 1 Meureubo Aceh Barat Parent Selection Management In Cupang Fish Seedlingsin SMK Negeri 1 Meureubo Aceh Barat. Jurnal Universitas Teuku Umar, 4(2).
Wahjudy, G A, D. (2016). Pengaruh Perbedaan Umur Induk Betina Ikan Cupang (Betta splendens) Terhadap Tingkat Fekunditas Dan Produksi Larva. Skripsi.
Yustina, A & Darmawati. (2003). Daya Tetas dan Laju Pertumbuhan Larva Ikan Hias Betta splendens di Habitat Buatan. Jurnal Natur Indonesia, (2), 129-132.