Edukasi Manfaat Air Hidrogen (Hydrogen Rich Water) Sebagai Pelarut Tubuh di Perumahan BHP Labuapi Lombok Barat Nusa Tenggara Barat

  • Adriyan Suhada Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Bidarita Widiati Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram
  • Hollysa Andini Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram
Keywords: Air Hidrogen, Antioksidan, Pelarut Tubuh

Abstract

Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup di bumi. Fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa  yang lain. Penggunaan air yang utama dan sangat vital bagi kehidupan adalah sebagai air minum. Kehilangan air sebesar 15% dari berat badan dapat mengakibatkan kematian yang diakibatkan oleh dehidrasi. Hydrogen Rich Water merupakan salah satu jenis air hasil olahan teknologi mesin elektrolisis. Dari proses elektrolisis tersebut dihasilkan hidrogen bebas (H2) dalam jumlah yang banyak. Hidrogen ini merupakan antioksidan terkecil dimuka bumi, yang tentunya berperan dalam pencegahan bahkan penyembuhan berbagai penyakit. Oleh karena pentingnya manfaat air dalam tubuh dan besarnya manfaat Hidrogen bebas bagi tubuh, maka penulis melakukan edukasi kepada masyarakat luas tentang manfaat air hidrogen bagi tubuh. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah terbentuknya masyarakat yang faham tentang pentingnya air bagi tubuh, dan adanya transformasi pengetahuan masyarakat terkait dengan jenis air yang baik untuk konsumsi sehari-hari. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edy, S, dkk. (2008). Efektivitas Konsumsi Air Alkali Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Acak Pada Penderita Diabetes Militus Tipe 2. Jurnal Keperawatan: 10-21.

Iksir, N, dkk. (2019). Efektivitas Air Alkali Terionisasi Sebagai Antioksidan Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Pada Mencit Jantan (Mus musculus). Mataram: UNU NTB.

Septiandu, I, dkk. (2017). Pengaruh Pemberian Air Alkali Terhadap Kadar Kolesterol Total Pada Tikus Putih Jantan Galur Sprague Dawley. Jurnal Farmagazine, 1(2): 38-42.

Published
2021-09-01
How to Cite
Suhada, A., Widiati, B., & Andini, H. (2021). Edukasi Manfaat Air Hidrogen (Hydrogen Rich Water) Sebagai Pelarut Tubuh di Perumahan BHP Labuapi Lombok Barat Nusa Tenggara Barat. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62-66. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/112

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.